'
| | 607 kali dibaca

Jumlah Keluarga Sangat Miskin di Lingga 824 KK

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lingga, H Muslim di dampingi Kabid Disprindag sedang memaparkan jumlah KSM.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lingga, H Muslim di dampingi Kabid Disprindag sedang memaparkan jumlah KSM.

Lingga, Radar Kepri-Hasil data Badan Pusat Statistik (BPS),  jumlah Keluarga Sangat Miskin (KSM) di Kabupeten Lingga sebanyak 824 Kepala Keluarga (KK). Warga yang terdata dalam RTSM oleh BPS ini menjadi dasar pengajuan Pemkab Lingga dalam mendapatkan Program Keluarga Harapan (PKH) tahun 2014. Empat kecamatan masuk dalam program PKH Kementrian Sosial ini.
Jumlah yang terdata berada di Kecamatan Lingga sebanyak 251 KK, Kecamatan Senayang 306 KK, Kecamatan Singkep 139 KK dan Kecamatan Lingga Utara sebanyak 128 KK.”Untuk Kecamatan Senayang dan Lingga program PKH sudah berjalan. Kecamatan Singkep dan Lingga Utara masih dilakukan validasi jumlah KSM yang berhak mendapatkan program PKH.”kata Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Lingga, Rabu (12/06).
Dikatakan, PKH adalah sebuah program pemberian bantuan tunai bersyarat darin Kemensos RI kepada KSM yang telah ditetapkan sebagai peserta. Untuk memperoleh bantuan, peserta PKH diwajibkan memenuhi persyaratan dan komitmen di bidang pendidikan dan kesehatan sebagai upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia. Dalam jangka pendek program ini bertujuan mengurangi beban KSM. Sedangkan dalam jangka panjang diharapkan dapat memutus mata rantai kemiskinan antar generasi di kabupaten Lingga.”Tidak hanya mendapatkan program PKH, namun 824 KSM, juga akan mendapatkan berbagai program bantuan peningkatan kesejahteraan dari Pemkab Lingga. Di antaranya, bidang ekonomi melalui program Kelompok Usaha Bersama (KUBE), Jaminan Kesehatan Lingga (JKL), RTLH dan berbagai bantuan lainnya.”terangnya.
Muslim memaparkan, Program PKH pertama kali diluncurkan tahun 2007, sedangkan untuk Kabupaten Lingga, PKH dimulai pada 2012 lalu, tepatnya di Kecamatan Lingga dan Senayang. Tahun 2014 Kecamatan Singkep dan Kecamatan Lingga menjadi daerah sasaran program PKH. Untuk wilayah Singkep, cakupannya adalah Kecamatan Singkep Pesisir dan Kecamatan Singkep Selatan. Selanjutnya, Kecamatan Singkep Barat yang juga diusulkan untuk masuk dalam PKH.
Verifikasi data PKH untuk Kecamatan Lingga dan Senayang sudah dilakukan. Ada sekitar 557 Kepala Keluarga (KK) yang disetujui dan tinggal menunggu pencairan bantuan pada April mendatang. Total bantuan yang diberikan sekitar Rp 204,8 juta dalam satu tahun.”Pemkab Lingga sangat mendukung program PKH di Kabupaten Lingga ini. Sebagai bentuk dukungan Pemkab Lingga  Pemkab Lingga memberikan perhatian khusus kepada pendamping dan operator dengan memberikan bantuan transportasi sebesar Rp2,5 juta per bulan dan bantuan laptop dan printer guna mendukung kinerja mereka dilapangan.”pungkas H Muslim.(muslim tambunan)

Ditulis Oleh Pada Jum 13 Jun 2014. Kategory Lingga, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

Komentar Anda

Radar Kepri Indek