| | 223 kali dibaca

Inilah Pentingnya Rumah Peradaban Arkeologi Natuna

Suasana sosialisasi Rumah Peradaban Arkeologi Natuna.

Natuna, Radar Kepri-Puluhan siswa SMU dan SMK, Tokoh masyarakat dan Wartawan, Rabu (11/10) pada pukul 09.08 WIB pagi tadi ikuti sosialisasi  Rumah Peradaban Natuna, dalam mengembangkan program peradaban yang mengangkat tema mengungkap, memaknai, mencintai kebudayaan Indonesia melalui peninggalan arkeologi.

Sosialisasi tersebut, memaparkan hasil penelitian yang telah dilakukan diberbagai wilayah Kabupaten Natuna, oleh tim pusat peneliti Arkeologi Nasional, Badan penelitian dan pengembangan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta. Sonny.C.Wibosono, MA.DEA.,

Pada acara sosialisasi Rumah Peradaban Natuna, yang berlangsung di Aula SMAN 1 Ranai, Rabu (11/10).itu Sonny, mengatakan “Program Rumah Peradaban merupakan salah satu cara yang dianggap tepat untuk mengabadkan masyarakat masa kini tentang masa lalu, serta sebagai pembelajaran masa lalu untuk masa kini.

Lanjutnya, program tersebut merupakan sebagai wujud peradaban, baik material, tekstual, dan foto-foto dalam bentuk buku, banner dan leaflet.

Rumah Peradaban Arkeologi Natuna sangat penting untuk dijadikan aktivitas dan budaya masa lampau Natuna, seperti barang-barang tinggalan masa lampau baik di darat maupun laut dan beberapa milik masyarakat.
manfaat dari Rumah Peradaban Arkeologi Natuna, salah satunya, mendapatkan informasi tentang budaya masa lampau yang akurat dan teruji karena hasil dari penilitian. menyebarluaskan pengetahuan nilai-nilai budaya kepada masyarakat dari hasil penelitian melalui media informasi dalam Rumah Peradaban Arkeologi Natuna.”Terangnya.

Masih lelaki berambut petang itu menjelaskan, koridor maritim di tengah Laut Natuna Utara, Natuna dapat dipastikan memiliki peran yang sangat strategis pada masa lampau hingga sekarang, dalam kaitannya sebagai pulau terdepan dan yang dilalui oleh jalur pelayaran dan perdagangan global, melalui Rumah Peradaban Akeologi Natuna ini, dapat dijadikan sebagai pembelajaran untuk barang-barang bersejarah hasil dari penelitian. “Jelas Sony.

Kadisbudpar Natuna, Erson Gempa Afriandi, sebelum membuka acara dalam sambutanya menghimbau kepada peserta siswa sekolah dan undangan lainnya agar menggunakan HP untuk hal hal yang fositif.” Kepada adek adek siswa sekolah saya himbau gunakanlah hp kalian untuk mempromosikan yang baik potensi Natuna ini ke klayak ramai, kalian dan kita semua lah yang akan memajukan Natuna ini kedepan, karena mahalnya biaya promosi di berbagai media cetak, kita lagi memakai media itu. Mari kita promosikan berbagai potensi yang ada didaerah kita ini. “Ajak Erson.
Erson juga mengatakan, bahwa hasil penelitian ada 140 barang bersejarah berupa bangkai kapal kapal beberapa abad lalu. 11 yang sudah diketahui nilainya dari penelitian. Kalau semuanya dapat diangkat tidak tanggung nilainya untuk Natuna.”Terang Erson. (Herman)

Ditulis Oleh Pada Kam 12 Okt 2017. Kategory Natuna, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Komentar Anda

Radar Kepri Indek