' '
| | 2.107 kali dibaca

Ini Sebab Warga Banyak Tak Gunakan Hak Pilih

Suasana penghitungan suara di TPS 06, Kecamatan Tanjungpinang Barat.

Suasana penghitungan suara di TPS 06, Kecamatan Tanjungpinang Barat.

Tanjungpinang, Radar Kepri-Tingkat partisipasi warga Kota Tanjungoinang untuk menggunakan hak suara dalam memilih calon pemimpin di Provinsi Kepri sebenarnya cukup tinggi. Namun beragam persoalan teknis membuat semangat warga lemah dan mengurungkan niatnya untuk memilih.

Temuan radarkepri.com dilapangan, beberapa persoalan teknis itu diantaranya tidak ada kartu undangan memilih yang sampai ketangan warga. Sehingga ketika warga datang ke TPS dan menunjukkan KTP, petugas KPPS menyatakan yang diprioritaskan untuk memilih lebih dahulu adalah warga yang memiliki surat undangan.

Otomatis hal ini membuat warga menunggu lama dan akhirnya memutuskan tidak menggunakan hak pilihnya.”Saya ini pedagang pak, tidak bisa lama-lama menunggu.”ucap seorang warga Jl Tambak yang pulang dan memilih membuka usahanya.

Hal senada disampaikan seorang warga di batu 8 atas, dirinya sudah mendatangi TPS sejak pukul 09 00 Wib dan mengaku tidak diberi surat undangan memilih.”Petugas itu meminta kita menunggu sampai warga yang mendapatkan undangan selesai mencoblos. Saya mana bisa menunggu berjam-jam begitu, anak-anak saya masih kecil-kecil.”ucap warga batu 8 atas yang meminta namanya tidak dipublikasikan.

Sebagian warga lagi, meskipun tidak memiliki undangan memilih namun mendatangani ketua RT menanyakan.”Kami memilih dimana pak, kami tak ada undangan memilih.”tanya warga pada seorang RT di Jl Tambak.

Karena warga tersebut berdomisili di seputan Akau Potong Lembu, pihak RT tersebut menyarankan agar warga itu ke TPS yang ada di Akau. Namun beberapa saat kemudian, warga tersebut pulang dan tidak bisa memilih karena namanya tidak masuk dalam daftar pemilih.”Nama saya tak ada pak di TPS itu, saya balik sajalah.”ujarnya.(irfan)

Ditulis Oleh Pada Rab 09 Des 2015. Kategory Tanjungpinang, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Komentar Anda

Radar Kepri Indek