' '
| | 1.198 kali dibaca

Ini Pesan Wako Dalam Peresmian RKB

Walikota Tanjungpinang, H Lis Darmansyah SH meresmikan Ruang Kelas Baru (RKB)

Walikota Tanjungpinang, H Lis Darmansyah SH meresmikan Ruang Kelas Baru (RKB)

Tanjungpinang-Sejumlah ruang kelas baru (RKB) di beberapa sekolah setingkat SD, SMP dan SMK se-Kota Tanjungpinang diresmikan oleh Walikota Tanjungpinang H. Lis Darmansyah, SH, Sabtu (29/3). Di SDN 017 Jl. Pramuka Lorong Nias Kelurahan Tanjung Ayun Sakti, Kecamatan Bukit Bestari. Bukan hanya ruang kelas baru saja, turut diresmikan pula 2 buah perpustakaan sekolah. Adapun sumber pendanaan berasal dari APBD Kota Tanjungpinang Tahun anggaran 2013 dan APBN Tahun anggaran 2013.

Enam RKB di SDN 017 Kelurahan Tanjung Ayun Sakti menggunakan sumber pendanaan dari APBD Kota Tanjungpinang, dimana ruang kelas dibangun menjadi 2 lantai. Sedangkan yang bersumber dari APBN adalah 14 RKB di beberapa SD Negeri, 2 RKB di SMPN 7, 2 RKB di SMKN 2, serta 2 ruang perpustakaan masing-masing di SDN 015 Bukit Bestari dan SDN 012 Tanjungpinang Barat. Total keseluruhan APBD T A 2013 dan APBN TA 2013 yang dikucurkan dalam program ini sebesar Rp 5,1 Milyar.

Dikatakan Lis, pembangunan ruang kelas baru ini merupakan wujud dari upaya pemerintah dalam memajukan pendidikan di Kota Tanjungpinang. Dengan semakin meningkatnya jumlah penduduk maka harus diimbangi pula dengan peningkatan sarana dan prasarana, khususnya di bidang pendidikan.

Peningkatan sarana dan prasarana dimaksud tentunya disesuaikan pula dengan kondisi daerah. lebih lanjut disampaikan Lis, pembangunan sekarang ini tidak lagi melebar kesamping atau ke depan maupun belakang, tetapi keatas. Itulah kenapa 6 RKB di SDN 017 ini dibangun menjadi 2 lantai.”Ini juga salah satu kiat dalam mengoptimalkan lahan yang tersedia.”Ujar Lis.

Lis juga mengatakan, dengan semakin meningkatnya jumlah penduduk di Kota Tanjungpinang maka harus ada peningkatan mutu pendidikan. Mutu pendidikan tidak dinilai dari banyaknya sekolah, tapi dari kompetensi pengajar dan anak didiknya. Ini jelas terlihat dari 3 konsep pemerataan yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tanjungpinang, yaitu pemerataan kepala sekolah, pemerataan guru, serta pemerataan lembaga pendidikan. Diungkapkan Lis, dimana pun sekolahnya, baik guru maupun pengajar yang berkompeten dan berprestasi pasti akan mampu meningkatkan kualitas pendidikan dimana mereka ditempatkan.

Selain itu, kepada para kepala sekolah, guru serta pengawas sekolah, Lis berpesan agar seorang guru tidak melupakan 2 fungsinya, yaitu sebagai pendidik dan pengajar.”Pendidikan formal itu wajib, tapi bangsa ini juga membutuhkan pendidikan karakter yang kuat untuk ditanamkan kepada generasi muda sebagai penerus cita-cita bangsa.”Katanya.

Peresmian RKB di SDN 017 Bukit Bestari ditandai dengan pengguntingan pita serta penandatanganan prasasti oleh Walikota Tanjungpinang dengan didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tanjungpinang Drs. HZ. Dadang. AG.(hum/red)

Ditulis Oleh Pada Sab 29 Mar 2014. Kategory Tanjungpinang, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

Komentar Anda

Radar Kepri Indek