'
| | 1.188 kali dibaca

Ini Kata BP3AKB Kabupaten Lingga Tentang Keluarga

Kantor Pemberdayaan Perempuan dan KB Kabupaten Lingga.

Kantor Pemberdayaan Perempuan dan KB Kabupaten Lingga.

Lingga, Radar Kepri-Pengertian keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat yang terdiri atas suami-istri atau suami-istri dan anaknya, atau ayah dan anaknya atau ibu dan anaknya. Sedangkan pengertian Keluarga Sejahtera adalah keluarga yang di bentuk  berdasar kan perkawinan yang sah mampu memenuhi kebutuhan hidup spiritual dan materiil yang layak, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki hubungan yang sama, selaras, seimbang antara anggota keluarga dengan masyarakat dan lingkungan.

Hal ini diungkapkan Kepala Bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan KB (BP3AKB) Kabupaten Lingga, Rusli, Selasa (25/06).
Kategori keluarga sejahtera terdiri dari 5 (lima) tahapan yaitu :  Keluarga Pra Sejahtera yaitu Keluarga-keluarga yang belum dapat memenuhi kebutuhan dasar secara minimal sperti pangan, sandang, papan, kesehatan, KB  dan sekolah. 2. Keluarga Sejahtera Tahap 1 yaitu Keluarga-keluarga yang sudah dapat memenuhi kebutuhan dasar secara minimal ( sesuai kebutuhan dasar pada keluarga pra sejahtera) tetapi belum dapat memenuhi keseluruhan kebutuhan social psikologis keluarga seperti pendidkan, KB, interaksi dalam keluarga, interaksi dengan lingkungan. 3, Keluarga Sejahtera Tahap 2 yaitu Keluarga-keluarga yang sudah dapat memenuhi kebutuhan dasar, kebutuhan psikologis tetapi belum dapat memenuhi kebutuhan perkembangan seperti menabung dan memperoleh informasi. 4, Keluarga Sejahtera Tahap 3 yaitu Keluarga-keluarga yang sudah dapat memenuhi kebutuhan pada tahapan keluarga 1 dan 2 namun belum dapat memberikan sumbangan (kontribusi) maksimal terhadap masyarakat dan berperan secara aktif dalam masyarakat. 5, Keluarga Sejahtera Tahap 3 Plus yaitu Keluarga-keluarga yang dapat memenuhi seluruh kebutuhan keluarga pada tahap 1 sampai dengan 3.
Di Kabupaten Lingga berdasarkan hasil pendatan keluarga tahun 2012 terdapat 26.560 keluraga yang terdiri dari 4.713 keluarga pada tahap pra-sejahtera atau 18 %,, 10.105 keluarga pada tahap sejahtera 1 atau 38 %, 8.408 keluarga pada tahap sejahtera 2 atau 32 %, 3.276 keluarga pada tahap sejahtera 3 atau 12 % dan 58 keluarga pada tahap sejahtera 3 plus atau 0,2 %.

Dari data-data tersebut diatas dapat kita lihat bahwa keluarga pra-sejahtera yang identik dengan keluarga miskin di Kabupaten Lingga masih tinggi yaitu 18 % dari jum-lah kelurga yang ada. Hal ini menunjukkan bahwa masih banyak Keluarga-keluarga yang belum dapat memenuhi kebutuhan dasar secara minimal sperti pangan, sandang, papan, kesehatan, KB  dan sekolah.
Ada pun keberadaan Keluarga pra sejahtera ter-tinggi adalah di kecamatan Singkep yaitu 1.717 keluarga pra-sejahtera atau 36 % dan keberadan keluarga pra-sejahtera terendah berada dikecamatan Singkep Barat yaitu 502 keluarga pra-sejahtera atau 11 %.  Dari data tersebut diatas juga memperlihatkan rendahnya jumlah keluarga tahap 3 plus yaitu keluarga-keluarga yang mampu memenuhi seluruh kebutuhan keluarga pada tahap 1 sampai dengan 3.
Dibandingkan dengan keluarga pra-sejahtera, keluarga sejahtera tahap 3 plus yang paling rendah yaitu 0,2 %. Ini menunjukkan rendahnya jumlah keluarga di kabupaten lingga yang secara teratus dan suka rela memberikan sumbangan materil untuk kegiatan social serta rendahnya anggota keluarga yang aktif sebagai pengurus perkumpulan/ yayasan/ institusi masyarakat. Adapun keberadaan keluarga tahap 3 plus tertinggi berda di kecamatan Lingga yaitu 46 keluarga sejahter 3 plus sedangkan di kecamatan Singkep tidak ada sama sekali keluarga sejahtera tahap 3 plus.

Berdasarkan dari data-data dan kondisi keluarga yang ada di kabupaten lingga ini perlu menjadi perhatian kita semua khususnya dari pemerintah daerah melalui program-program pemberdayan keluarga dan program pengentasan kemiskinan yang tepat sasaran karena pembangunan bukan saja pembangunan insfrastruktur saja akan tetapi termasuk pembangunan sumberdaya manusia dan pembangunan keluarga sejahtera.(muslim tambunan)

Ditulis Oleh Pada Rab 26 Feb 2014. Kategory Lingga, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

Komentar Anda

Radar Kepri Indek