' '
| | 691 kali dibaca

Imigrasi Tanjungpinang Amankan Tiga WN Afganistan

Tiga orang warga Afganistan yang ditangkap

Inilah tiga orang warga negara Afganistan yang ditangkap Imigrasi Tanjungpinang, Kamis (13/09). Saat ini, ketiganya ditahan di Rudenim. (foto by deni wawak, radarkepri.com)

Tanjungpinang, Radar Kepri-Imigrasi Tanjungpinang mengamankan 3 orang warga Afganistan saat tiba di Bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang saat tiba dari Jakarta. Ketiganya diamankan karena diduga ingin mencari suaka ke negara Australia.

Ketiga warga negara Afganistan tersebut masing-masing bernama Abdul Husain, Syaifullah dan Rohullah Karimi diamankan petugas Imigrasi Bandara Raja Haji Fisabillah Tanjungpinang saat tiba dari Jakarta menggunakan pesawat Lion Air, Kamis 11 September lalu.

Kepala Imigrasi Tanjungpinang, Kenedi mengatakan, dari keterangan ketiga warga Afganistan tersebut. Sebelum ke Tanjungpinang, mereka datang dari Malaysia menuju Medan menggunakan kapal ferry. Dari Medan kemudian mereka ke Jakarta dan Bogor untuk mengurus surat pencari suaka dengan tujuan Australia. Belum diketahui mengapa dan siapa yang mengarahkan mereka ke Tanjungpinang.

Mengenai keaslian surat pencari suaka yang dikeluarkan oleh UNHCR tersebut, Kenedi mengatakan pihaknya akan berkoordinasi perwakilan UNHCR dalam hal ini IOM. Kenedi mengatakan, pengakuan ketiga warga Afganistan tersebut tujuan mereka mencari suaka ke Australia karena negaranya tidak aman karena terjadi perang saudara.

Ketiga warga Afganistan untuk sementara diserahkan ke Rumah Detensi Imigran (Rudenim) Tanjungpinang sambil menunggu proses lebih lanjut.(deni wawok)

Ditulis Oleh Pada Sab 14 Sep 2013. Kategory Tanjungpinang, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

Komentar Anda