' '
| | 1.118 kali dibaca

Hakim Belum Sepakat, Vonis Warga Versus Pemprov Kepri Batal Dibacakan

Warga Dompak pulang usai pembacaan putusan ditunda

Warga Dompak meninggalkan gedung pengadilan usai pembacaan putusan ditunda

Tanjungpinang, Radar Kepri- Agenda sidang putusan gugatan perdata ganti rugi lahan warga atas pembangunan gedung perkantoran Pemprov Kepri di Pulau Dompak di Pengadilan Negeri (PN) Tanjungpinang, Rabu (25/03) batal digelar. Majelis hakim yang memeriksa dan mengadili perkara tersebut belum selesai musyawarah.

Sidang Nomor Perkara 69/Pdt.G/2013/PN.TPI  dipimpin oleh Ketua Majelis Hakim Iwan Irawan SH dengan anggota Eryusman SH dan Bambang Trikoro SH. Pihak kuasa penggugat diwakili Iwan Kesuma Putra SH, sedangkan kuasa hukum tergugat Pemprov Kepri, Bastari Majid SH.

Namun dalam sidang yang telah ditetapkan semula ini, salah seorang majelis, yakni Bambang Trikoro, tengah menjalani masa cuti ke luar daerah, dan sidang putusan ditunda selama 1 minggu, Rabu (02/04) mendatang.”Sidang perkara putusan terhadap perkara perdata ini terpaksa di tunda, karena kami selaku majelis hakim belum lengkap dan belum mengambil kata sepakat.”kata Iwan Irawan SH.

Namun Iwan Irawan belum bisa berkomentar panjang lebar tentang perkara perdata tersebut. Secara garis besar,  Iwan Irawan SH menyebutkan, bahwa putusan yang diambil nantinya oleh majelis hakim, didasari fakta, data serta keterangan sejumlah saksi di dalam persidangan.”Yang jelas keputusan kita ambil nanti, tentu berazaskan keadilan sesuai fakta sidang selama ini.”tegasnya.

Dilain pihak, kuasa hukum warga (penggugat,) Iwan Kesuma Putra SH, tetap memiliki keyakinan terhadap apa yang menjadi gugatan dari kliennya tersebut kepada Pemprov Kepri, bakal dikabulkan oleh majelis hakim nantinya.”Harapan serta keyakinan kita tentunya memang sesuai dengan apa yang menjadi gugatan kita tersebut. Namun apapun keputusan majelis hakim, tetap kita hargai.”kata Iwan Kesuma Putra yang juga Ketua DPC Perhimpunan Advokad Indonesia (Peradi) Kota Tanjungpinang ini.

Dalam sidang sebelumnya, sorang warga Dompak, H Ali, mengakui bahwa lahan seluas 15.456 meter persegi di RT 002/ RW 01, Dusun VI Tanjung Siambang, Desa Dompak Tanjungpinang yang kini telah dibangun Kantor Pemprov Kepri adalah milik Hasrina Yetty, pihak penggugat.

Hal tersebut diketahuinya lantaran lahan miliknya di Dompak letaknya bersebelahan dengan lahan milik Hasrina termasuk bangunan kantor Pemprov Kepri yang baru saat ini. Namun Ali tidak mengetahui pasti apakah lahan milik penggugat sudah diganti atau belum oleh pihak Pemprov Kepri. Hasrina Yetty menuntut ganti rugi lahan miliknya yang dianggap belum dibayarkan oleh pihak Pemprov Kepri. Di atas lahan tersebut kini telah berdiri bangunan perkantoran Pemprov Kepri. Pihaknya menuntut ganti rugi sebesar Rp1, 250 miliar dan meminta majelis hakim memerintahkan Gubernur untuk membongkar dan mengosongkan bangunan yang berada di atas lahan miliknya.

Sebelum mengajukan gugatan, pihaknya telah dua kali melayangkan surat somasi kepada Gubernur agar segera membayar ganti rugi lahan milik kliennya. Namun tidak pernah ditanggapi. Pihaknya terpaksa menempuh jalur hukum. Gugatan didasari atas kepemilikan sebidang tanah yang didapat Hasrina Yetty melalui jual beli dengan Kopsi S berdasarkan Surat Keterangan Ganti Kerugian yang telah diregister pada Kantor Camat Tanjungpinang Timur Nomor. 417/590/VI/1998 tertanggal 3 Juni 1998 seluas 15.456 M2 di RT 002/ RW01 Dusun VI Tanjung Siambang, Desa Dompak Tanjungpinang dengan batas sempadan sebelah utara berbatasan dengan H Ali dan selatan dengan Slamet sepanjang 138 meter, sebelah barat berbatas dengan H Bagindo dan Timur dengan M Sabi sepanjang 112 meter.

Di atas tanah tersebut, penggugat dan keluarganya telah berkebun kelapa sebanyak 50 batang dan pohon cempedak sebanyak 10 batang, pohon nangka 5 batang serta jenis tanaman lainnya.(irfan)

Ditulis Oleh Pada Kam 27 Mar 2014. Kategory Tanjungpinang, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

Komentar Anda

Radar Kepri Indek