' '
| | 617 kali dibaca

H M Sani Janji Bangun Rumah Masyarakat Suku Duane

Foto bersama Gubernur Kepri

Foto bersama Gubernur Kepri, HM Sani dengan masyarakat Duane

Tanjungbatu, Radar Kepri-Gubenur Kepulauan Riau  H.M.Sani berjanji akan membangun 75 rumah (75 KK) Pemukiman suku Orang Laut Kuale (Duane)  di Tanjungbatu. Hal ini telah sebutkan Gubernur dalam kunjungan kerjanya ke Pulau Kundur bersama rombongan, Kamis (10/01).
Dalam sambutan dan temu ramahnya kepada masyarakat “Kuale”, Gubenur mengatakan jika Pemkab Karimun telah mendapatkan tanah Areal yang akan dibangun lewat pembelian atau hibah untuk pemukiman ini, maka Dinsos Propinsi Kepulauan Riau akan membangun pemukiman tersebut.
Disela sambutan ini, salah satu pemuda suku Duane, Irawan S Ag mengatakan untuk areal pemukiman ini.”Kita membutuhkan tanah sebesar 1,2 hektar, diperkirakan lokasi disekitar Tanjung Susup, Kelurahan Tanjungbatu Kota dalam pembiayaan diperkirakan sebesar Rp 3 Miliar, ongkos pembelian tanah dan membangun sebanyak 75 rumah.”jelasnya.
Menurut Iwan panggilan akrabnya, sebelumnya 75 Kartu Keluarga(KK) suku kuale ini hidup dengan menyewa dan menumpang di rumah warga lainnya yang hidup dan berdomisili di sekitar tepi laut kilang papan lama.
Dari jumlah KK tadi, terdapat  6 murid SD, 1 siswa SLTP dan 1 siswa SLTA. Sebenarnya tambah Iwan, masih banyak lagi  anak-anak suku Duane yang tidak mampu tidak bersekolah dan ditambah lagi kurang disemangati untuk bersekolah. Karena factor kehidupan orang tuanya yang sibuk mencari makan untuk keseharianya. Terlepas sebagian orang tua menjadi nelayan tradisional, seperti mencari kerang-kerangan juga menjadi buruh bongkar muat disalah satu pelabuhan olahan Perusda Kundur.
Menurut Iwan ,Suku Duane ini perlu pendidikan yang cukup dan harus dimotivasi oleh pengaruh hidup yang baik, sehingga kedepan nanti bisa untuk bersaing maju, dan untuk tidak diperbodohkan lagi. Diantaranya tidak saja diajak partisipasi mencari suara oleh beberapa Parpol.
Disela penutupan, Gubernur mengatakan juga telah mengunjungi ke Puskesmas Kundur, ke salah satu proyek Dermaga umum Ponton yang tidak kunjung selesai. Untuk acara penutup, Gubernur memberikan santunan ke beberapa warga suku Duane yang dianggap sangat tidak mampu. (henz)

Ditulis Oleh Pada Sen 11 Feb 2013. Kategory Tanjungpinang, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

Komentar Anda

Radar Kepri Indek