'
| | 1.110 kali dibaca

Gubernur Kepri Serahkan Bantuan Pada Nelayan Teluk Bakau

Gubernur Kepri, H M Sani ketika menyantikan lagu kebangsaan Indonesia Raya sebelum pembukaan acara temu wicara dan penyerahan bantuan pada nelayan Teluk Bintan.

Gubernur Kepri, H M Sani ketika menyantikan lagu kebangsaan Indonesia Raya sebelum pembukaan acara temu wicara dan penyerahan bantuan pada nelayan Teluk Bintan.(foto by aliasar, radarkepri.com).

Bintan, Radar Kepri-Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Drs H Muhamad Sani melalui Dinas Kelautan dan Prikanan (DKP) Provinsi Kepri gelar acara Temu Wicara dengan sejumlah pelaku usaha perikanan se-Kabupaten Bintan, Sabtu (21/12).

Temu Wicara guna mewujudkan masyarakat nelayan mandiri, berdaya dan bermartabat dilakanakan di halaman bekas gedung MTQ Provinsi Kepri, Desa Teluk Bakau, Kecamatan Gunung Kijang Kabupaten Bintan.

Acara dihadiri oleh DPRD Kabupaten Bintan diwakili oleh Drs Dalmasri Syam dan Wakil Bupati Kabupaten Bintan Drs Khazalik serta beberapa SKPD Kabupaten Bintan, termasuk beberapa tokoh masyarakat setempat. Namun tidak terlihat hadir Bupati Bintan, Ansar Ahmad SE MM.

Dalam sambutannya, Gubernur Kepulauan Riau Drs H Muhamad Sani menyampaikan.”Pada hari ini, Alhamdulillah kita bisa bertemu, nantinya kita akan berbincang-bincang. Bagaimana kedepanya usaha kita lebih maju. Intinya, pemerintah akan memberikan kesejahteraan pada masyarakat nelayan.”Katanya.

Tari persembahan untuk Gubernur Kepri, H M Sani ketika pembukaan acara temu wicara dan penyerahan bantuan pada nelayan Teluk Bintan.

Tari persembahan untuk Gubernur Kepri, H M Sani ketika pembukaan acara temu wicara dan penyerahan bantuan pada nelayan Teluk Bintan.(foto by aliasar,radarkepri.com).

Kemudian, lanjut Gubernur.”Bantuan yang di berikan pemerintah, tidak hanya dari Provinsi ada juga dari Kabupaten, bahkan dari pusat-pun ada. Untuk itu, bersyukurlah atas bantuan- yang diberikan. Jangan selalu bilang ape tidak, ape tidak, ya apa tidak-lah.”canda HM Sani sambil tertawa.

HM Sani menceritakan kenangan ketika dia menjabat Camat di Bintan pada sekitar tahun 80-an.”Saya tahu betul daerah ini, karena saya orang lama disini. Kalau dulu orang-orang memanggil saya pak Comot. Banyak kawan kawan saya disini, seperti pak Hasan, dia menjabat lurah disini. Itu-lah kawan saya ngumpul setiap malam.”kenang HM Sani.

Ditambahkan.”Kalau dulu, kami kampaye partai Golkar pakai lory, sering ban lory itu terbenam dilumpur. Kalau sekarang sudah enak, karena sudah banyak pembangunan.”cerita HM Sani.

Dalam kesempatan ini, Bupati Bintan Ansar Ahmaf SE MM yang diwakili oleh Wabub Bintan, Khazalik, menyampaikan.”Program ini memang sesuai dengan program-program dareah kabupaten Bintan. Karena yang pertama, kabupaten Bintan ini, pantai Trikora merupakan salah satu destinasi (tujuan, red) wisata yang di andalkan di kabupaten Bintan. Karena itu kiat yang kita lakukan, selalu kegiatan yang bermanfaat untuk masyarakat Bintan.”Katanya.

Gubernur Kepri, H M Sani menyerahkan bantuan pada nelayan Teluk Bintan

Gubernur Kepri, H M Sani menyerahkan bantuan pada nelayan Teluk Bintan, Kabupaten Bintan, Sabtu (21/12). (foto by aliasar, radarkepri.com).

Sementara Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kepri, Raja Ariza, selaku Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan, melaporkan.”Kegiatan ini kami lakukan bersama pelaku usaha perikanan, di sejalankan dengan acara bersih pantai, dan gotong royong yang telah dilakukan pagi tadi sekitar puku 0730 Wib di desa Malang Rapat.”jelasnya.

Raja Ariza melanjutkan.”Untuk sementara ini, peserta dari kelompok usaha perikanan yang ada di Kabupaten Bintan sekitar kurang lebih 250 orang. Terdiri dari nelayan budidaya dan pengolah hasil perikanan. Serta pelaku usaha perikanan.”katanya.

Menurut Raja Ariza.”Kegiatan ini bertujuan tujuan, meningkatkan kewira usahaan pelaku usaha perikanan dan mensejahterakan pelaku usaha tersebut, umumnya masyarakat yang ada di kabupaten Bintan.”Lanjutnya.

Kemudian Raja Ariza menambahkan.”Pada tahun 2013, Pemerintah Provinsi Kepri telah meng-alokasikan anggaran sebesar Rp 10 Milyar. Bantuan ini pertama kali berupa kapal dengan grosston 30, telah diserahkan Gubenur di hari Nusantara. Kemudian, kapal ukuran 5 ton, sebayak 5 unit dan kapal ukuran 2 ton sebanyak 21 unit.”Ucapnya.

Selain itu, masih Raja Ariza.”Kita juga telah menyerahkan beberapa alat tangkap untuk 100 Kartu Keluarga (KK) Pengusaha Perikanan. Mesin ketinting sebanyak 43 buah. Juga bantuan mesin untuk membudidaya rumput laut, serta untuk pembangunan skala rumah tangga sebanyak tiga unit. Pemerintah juga memberikan satu unit pembuat es berkapasitas 10 ton untuk masyarakat Bintan. Mudah-mudahan, alat ini bisa bermafaat bagi masyarakat Bintan, umumnya pelaku usaha perikanan.”Harap Ariza.

Foto bersama Gubernur Kepri, HM Sani bersama nelayan penerima bantuan dan Wabup Bintan Drs Khazalik dan Dalmasri Syam dari DPRD Provinsi Kepri.

Foto bersama Gubernur Kepri, HM Sani bersama nelayan penerima bantuan dan Wabup Bintan Drs Khazalik serta Dalmasri Syam dari DPRD Provinsi Kepri.(foto by aliasar,radarkepri.com)

Sebelum mengakhiri acara, Gubernur Kepri, H M Sani memberikan batuan secara simbolis pada seluruh kelompok usaha perikanan tersebut. Kemudian di penghujung acara, penerima bantuan dan peserta temu wicara beradialog dengan Gubernur Kepri.

Pantauan media ini dilokasi acara tersebut, sebelum acara dimulai Gubernur Kepulauan Riau Drs H Muhamad Sani disambut dengan tari persembahan yang diakhiri pemberian sekapur sirih pada Gubernur.(aliasar)

Ditulis Oleh Pada Sab 21 Des 2013. Kategory Bintan, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

Komentar Anda