| | 50 kali dibaca

Gubernur Buka STQ Kepri Ke VII

Batam, Radar Kepri – Gubernur H Nurdin Basirun menyebutkan saat ini kandungan Al Quran terus menjadi pedoman hidup masyarakat. Semangat untuk mensyiarkan Al Quran juga semakin besar dengan banyaknya pendirian TPQ dan TPA di serata Kepri.

“Ini membuktikan bahwa Alquran menjadi pedoman dalam kehidupan kita,” kata Nurdin malam Pembukaan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) VII Tingkat Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2017 di Dataran Engku Putri, Batam, Jumat (5/5) malam.

Pembukaan itu ditandai dengan pemukulan beduk oleh Nurdin yang didampingi seluruh FKPD serta kepala daerah se-Kepri. Tampak pada pembukaan itu anggota DPR RI dapil Kepri Nyat Kadir, Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak, Kapolda Kepri Irjen Pol. Sam Budigusdian, Danrem 033/WP Brigjen TNI Fachri, Kajati Kepri Yunan Harjaka, Kepala Kanwil Kemenag Prov. Kepri Marwin Jamal, Sekdaprov Kepri H TS Arif Fadillah, Ketua Dewan Hakim STQ KH Said Agil Husein Al Munawar, Ketua Tim Pengawas KH Azhar Hasyim.

Pada kesempatan itu Gubernur juga memerima rekor Muri dengan mewisuda 1020 hafizh dan hafizah.

Menurut Nurdin, dengan diwisudanya 1020 hafisz dan hafiszah bahwa rekor Muri bukan tujuan utama. Akan tetapi menciptakan generasi penerus yang berakhlakulkharimah dan Qurani mwnjadi lebih penting.

“Rekor Muri bukan milik provinsi akan tetapi milik seluruh masyarakat Kepri dan hal tersebut kita jadikan motivasi kedepannya dengan mendata dan memprogramkan secara maksimal agar wisuda bisa lebih banyak lagi,” kata Nurdin.

Nurdin bangga karena kini pemerintah kabupaten dan kota juga sedang meningkatkan ketaqwaan masyarakatnya dengan meningkatkan pembangunan rumah ibadah. Saat ini Kota Batam sedang melaku pembangunan Masjid Agung di Tanjunguncang, masjid terapung di Tanjungpinang, Anambas dengan rencana masjid di atas bukitnya.

Ketua LPTQ Kepri, Arif Fadillah dalam sambutannya bersyukur karena kegiatan keagamaan di Kepri terus meningkat. Termasuk sudah meningkatnya status Sekolah Tinggi Sultan Abdurrahman menjadi perguruan tinggi negeri.

“Interaksi umat semakin intens dan memberikan informasi sebagai makhluk yang berakhlakulkharimah,” kata Arif.

STQ kali ini menghadirkan sebanyak 55 orang hakim dengan Ketua Dewan Hakim KH Said Agil Husein Al Munawar. Ada delapan cabang yang dilombakan, yakni Tilawah Alquran Kategori Anak-Anak dan Dewasa, Hafiz Alquran 1 juz, 5 juz dan Tilawah serta Hafiz Alquran 10 juz, 20 juz dan 30 juz.

Prosesi pembukaan berlangsung khidmad dan meriah. Prosesi juga diisi oleh artis Wafiq Azizah dan Agus Yusop.

Secara berturut-turut tampil kafillah Kabupaten Natuna yang dipimpin langsung Bupati dan Wakil Bupatinya. Kafillah Karimun tampil pada defile kedua yang juga dipimpin Bupati dan Wakil Bupati.

Defile selanjutnya diisi Kabupaten Lingga, Kabupaten Anambas, kabupaten Bintan, Kota Tanjungpinang dan ditutup kafillah Kota Batam.(Redaksi)

Ditulis Oleh Pada Jum 05 Mei 2017. Kategory Batam, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Komentar Anda

Radar Kepri Indek