| | 463 kali dibaca

Gawat, Petugas PSDKP Ditangkap Coast Guard Vietnam

Beginilah suasan peledakan kapal asing ilegal di Natuna.

Natuna, Radar Kepri- Gawat, Minggu (21/05) lalu, Gunawan, petugas PSDKP di tangkap dan di bawa kabur oleh Coast Guard Vietnam. Sampai saat ini belum diketahui bagaimana nasibnya.

Insiden itu terjadi saat Kapal Hiu Macan PSDK menangkap 5 Kapal ikan nelayan berbendera Vietnam di wilayah perairan laut indonesia (Natuna), saat itulah kapal Coast Guard Vietnam, menghadang Kapal PSDKP.

Kejadian naas itu terjadi pada hari Minggu sekitar pukul 04.00 WIB. Aksi yang dilakukan oleh Vietnam itu diperkirakan, aksi balas dendam. Sebab pada hari yang sama sebelum kejadian, petugas PSDKP telah menangkap 5 kapal berbendera Vietnam serta 44 orang ABK dan Nakhodanya saat melakukan mencuri ikan di perairan laut Natuna.

Koordinator pengawas PSDKP Natuna Sabang Mawang, Syaiful Anam, kepada Wartawan membenarkan adanya kejadian tersebut.

“Benar ada kejadian tersebut, persoalan ini sudah kami laporkan ke pusat, saat ini kasus tersebut sudah ditangani oleh pusat. “Kata Syaiful.

Kronologi sebelum kejadian, Kapal Pengawas Hiu Macan 01 PSDKP berhasil menangkap lima kapal nelayan negara Vietnam saat ia melakukan pencurian ikan di perairan laut Natuna.

Sebanyak 44 ABK dan nakhoda diamankan di kapal pengawas.
Saat itulah terjadi ketengangan, tiba tiba satu kapal yang tertangkap ditabrak oleh Coast Guard Vietnam hingga rusak.

Saat itu pula Gunawan, Petugas PSDKP berhasil ditangkap dan dibawa kabur oleh Coast Guard Vietnam.

Selain membawa Gunawan, ia juga berhasil membebaskan dan membawa kembali kabur sekitar 33 orang nelayan Vietnam yang telah ditangkap PSDKP tersebut.

Menanggapi insiden yang terjadi, beberapa masyarakat Natuna angkat bicara, “Sangat kita sayangkan kejadian itu masih terjadi di perairan natuna. “Ucap Syamsul kepada media ini di Ranai.

Masih lelaki patih baya ini menambahkan, Namun kami sangat memberikan apresiasi kepada petugas PSDKP yang telah mempertaruhkan nyawanya untuk menjaga laut natuna dari para pencuri ikan negara tetangga.

Kami juga berharap dan berdo’a agar Gunawan, petugas yang ditangkap oleh Vietnam itu dalam keadaan sehat, dan cepat dikembalikan kepada keluarga.

Kami juga berharap kepada pihak penegak hukum di Indonesia, khususnya Natuna ini, tegaslah terhadap hukum orang asing yang mencuri ikan itu. Jangan terlalu banyak toleransi kepada para pencuri ikan tersebut, kalau saya lihat para nelayan pencuri ikan itu di Natuna sangat bebas, bahkan bisa bebas mengunakan HP. diizinkan berkeliaran kemana kemana, terlalu bebas sehingga mereka gampang berkomunikasi dengan orang orang di negaranya, bahkan sampai proses melarikan diri seperti kemaren. Sedangkan kalau orang kita yang ditangkap belum tau bagaimana nasibnya di sana entah hidup atau sudah dibunuh mereka. “Ucap Syamsul warga Ranai. (herman)

 

Ditulis Oleh Pada Rab 24 Mei 2017. Kategory Natuna, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Komentar Anda

Radar Kepri Indek