' '
| | 1.328 kali dibaca

Disdikbud Tpi Helat Gawai Seni XI Selama 3 Hari

Peserta Gawai Seni XI Kota Tanjungpinang sedang membawakan tari persembahan.

Peserta Gawai Seni XI Kota Tanjungpinang sedang membawakan tari persembahan, Sabtu (07/12) dilapangan Pamedan A Yani. (foto by aliasar,radarkepri.com)

Tanjungpinang, Radar Kepri-Pemerintah Kota Tanjungpinang SH melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) menggelar acar Gawai Seni XI. Mempersembahkan perombaan tarian tradisi Melayu untuk tingkat SD, SMP dan SMA serta Sanggar. Gawai Seni digelar selama tiga hari, muali dari Sabtu, 07 Desember 2013 hingga 09 Desember 2013 di Lapangan Pamedan A Yani, kilometer 4 kotaTanjungpinang.

Gawai Seni XI secara resmi dibuka Walikota Tanjungpinang, H Lis Darmansyah SH diwakili Plt Sekda Kota Tanjungpinang, Syafrial Evi, Sabtu (07/12) malam.”Festival gawai seni ke XI yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayan Tanjungpinang merupakan seni budaya melayu dan di akui diseluruh dunia.”Katanya.
Masih Syafrial Evi.”Seni budaya melayu di akui oleh dunia, jadi diminta media untuk mempromosikan dan mempublikasikan. Kemarin Provinsi Kepri melaksnakan Tamadum Melayu yang gaungnya sampai manca Negara.”Ujarnya.

Plt Sekdako Tanjungpinang, H Syahrial Evi membuka Gawai Seni XI

Plt Sekdako Tanjungpinang, H Syahrial Evi mewakili Walikota Tanjungpinang, H Lis Darmansyag SH membuka Gawai Seni XI.(foto by aliasar,radarkepri.com).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayan Kota Tanjungpinang, Drs Dadang S yang juga sebagai ketua pelaksana kegiatan menyampaikan.”Gawai Seni ke XI merupakan jenis tradisi tari persembahan yang menjadi kebanggaan masyarakat Provinsi Kepri, merupakan persembahan untuk tamu sebagai penghormatan.”Ucapnya.

Kemudian kata Dadang.”Kesenian ini merupakan tari khas dari masyarakat Melayu di Provinsi Kepri yang disahkan Lembaga Adat Melayu (LAM) dan merupakan menjadi acuan bagi Kabupaten/Kota se-Kepri untuk ke depan. Akan di jadikan muatan lokal.”Ujar Dadang.

Di tambahkan Dadang.”Acara gawai seni ke XI berdasarkan peraturan daerah dan melalui anggaran APBD kota Tanjungpinang 2013. Tujuannya menjadikan kota Tanjungpinang sebagai kota budaya dan ajang prestasi. Pemenang akan mengikuti berbagai evet tingkat Provinsi dan Nasional.”Tambah Dadang.

Kadisdikbud Pemko Tanjungpinang, Dadang S, memberikan sambutan dalam pagelaran Gawai Seni XI.

Kadisdikbud Pemko Tanjungpinang, Dadang S, memberikan sambutan dalam pagelaran Gawai Seni XI.(foto by aliasar,radarkepri.com).

Peserta yang ikut lomba, yaitu tari melayu tradisi tingkat SD, SMP dan tari trasdisi tingkat umum dan Sanggar.”Untuk SD 31 group, SMP 14 Group, dan tingkat umum atau sanggar 10 group.”katanya.

Ditambahkan, para juara hanya di ambil juara 1, 2 dan 3 dan juara harapan.”Sedangkan juara yang diambil di festival ini hanya juara 1 yang merupakan utusan untuk parade dan even perwakilan kota Tanjungpinang untuk tingkat Provinsi.”beber Dadang.

Sementara lanjut Dadang.”Untuk hadiah di festival gawai seni ini, yaitu hadiah berupa piala, piagam dan uang tunai sesuai anggaran daerah.”tambahnya. Namun Dadang tidak menjelaskan berapa uang saku yang diberikan untuk peserta yang berhasil meraih juara.

Pantauan Radar Kepri dilapangan, meskipun Tanjungpinang berduka akibat musibah kebakaran 3 hari lalu. Namun Gawai Seni XI tidak menyurutkan Dinas terkait menggelar serangkain acara.(aliasar)

Ditulis Oleh Pada Ming 08 Des 2013. Kategory Tanjungpinang, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

Komentar Anda