| | 162 kali dibaca

Dirjen Keuangan Pantau Penyerapan Dana Desa di Natuna

Dirjen keuangan RI saat berkunjun ke Natuna.

Natuna, Radar Kepri.- Sekda Kabupaten Natuna Wan Siswandi, S. Sos. M. Si, Senin, (09/10) sekitar pukul 13.30 WIB siang mendampingi Dirjen Keuangan Republik Indonesia
(RI), Dr Marwanto Harjowiryono
dalam kunjungan kerja ke kabupaten Natuna.

Dirjen Perbendaharaan RI, Dr Marwanto Harjowiryono beserta rombongan setiba di Natuna, lansung menuju Desa Batu Gajah Bunguran Timur Natuna. melakukan pemantauan sejumlah pembangunan yang bersumber dari dana desa di desa Batu Gajah tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Dr Marwanto mengatakan, tujuan pihaknya datang ke Natuna, turun hingga ke desa dalam rangka pemantauan langsung serta melihat, sejauh mana penyerapan dana desa baik dalam bentuk bangunan fisik maupun program swadaya peningkatan ekonomi masyarakat.

“kami dari kementerian keuangan melakukan monitoring dan evaluasi, langsung ke desa-desa untuk melihat sejauh mana penyerapan dana desa di Natuna. Oleh sebab itu, kesempatan ini banyak hal menjadi catatan kita, sebagai acuan dalam penganggaran dana desa ke depan”, terangnya.

Dikatakan, Marwanto tidak semua dana desa bermasalah seperti yang diberitakan belakangan ini, banyak juga dana desa yang berhasil, dikelola dengan baik dan tepat sasaran, salah satunya di Natuna dana desa telah dikelola dengan baik sesuai prosedur berlaku. Sehingga banyak pencapaian pembangunan dan program kemasyarakatan.

Menurutnya, keberhasilan desa – desa dalam mengelola dana desa, merupakan bagian dari upaya agar dana desa terus mengalami peningkatan dalam setiap tahun anggaran. Namun jika terjadi penyimpangan, tentu akan berimbas pada penerimaan desa di tahun mendatang.

“kita juga sangat mengharapkan peran serta dari masyarakat, agar mengawasi setiap program yang ada di desa. Sebab tujuan pemerintah mengalokasikan dana sedemikian rupa agar tercapai kesejahteraan di masyarakat”,
Terang Marwanto.

Masih Marwanto, Dalam mekanisme pencairan, saat ini dana desa dilakukan menjadi dua tahap 60 persen, kemudian tahap kedua 40 persen. Untuk pencairan tahap kedua ini, Marwanto menambahkan maka pemerintah desa harus menyiapkan segala persaratanya. “Natuna sangat bagus dalam pengolaan dana desa tidak seperti daerah lain banyak masalah. kita juga berharap kedepan, pengelolaan dana desa khususnya di Natuna lebih bagus, sehingga secara penganggaran dapat terus ditingkatkan”, ucap Marwanto mengakhiri ucapnya.

Pada kesempatan itu Sekda Kabupaten Natuna, Wan Siswandi, mengharapkan pencapaian dalam laporan dana di Natuna sudah bagus tersebut agar terus ditingkatkan. Agar kedepan Natuna dapat menjadi bagian dalam penyerapan dana desa yang terbaik di Indonesia.”Harap Wansis.

Kunjungan kerja Dirjen Keuangan ini
menurut Kepala Dinas Pemberdayan Masyarakat dan Desa (DPMD) Natuna, Indra Joni menjelaskan kepada wartawan, bahwa kunjungan kerjanya Dirjen Perbendaharaan RI Dr. Marwanto Harjowiryono, selain meninjau pembangunan di Desa Batu Gajah, juga meninjau beberapa pembangunan yang berasal dari anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) diantaranya,
Bangunan Gera Pameran Pariwisata di depan NGU, peninjauan penyerapan dana desa di desa Gatu Gajah serta ke Pulau Senoa.”Terang Indra.

Atas Kujungan tersebut Kepala Desa Batu Gajah Bakhtiar, mengucapkan terimakasih atas kunjungan tersebut.
(herman)

Ditulis Oleh Pada Sel 10 Okt 2017. Kategory Natuna, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Komentar Anda