'
| | 643 kali dibaca

Dipimpin Daria, Malaria Merajalela di Lingga

Kepala Dinas kesehatan Kabupaten Lingga dr Ignasius Luti MPH

Kepala Dinas kesehatan Kabupaten Lingga dr Ignasius Luti MPH

Lingga, Radar Kepri-Sebanyak 7 orang warga Pancur, Kecamatan Lingga Utara terserang penyakit Malaria dalam minggu ini. Mewabahnya penyakit dari nyamuk aides agypty ini disebabkan kurangnya kesadaran masyarakat menjaga kebersihan lingkungan.

Menurut dr Ignasius Luti MPH Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lingga.”Tak ada korban sampai saat ini. Untuk hari ini ada 4 orang dirawat, totalnya 7 orang.”kata dr Ignasius Luti MPH.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lingga ini menjelaskan, untuk penangananya sakit malaria itu kalau masih baru, di beri obat dalam 24 jam langsung sembuh.”Tapi kalau sudah seminggu baru nak berobat itu yang bahaya, bisa tak tertolong. Sore ini juga tim Dinkes turun ke Pancur. Saat ini yang sakit sudah rawat di Rumah Sakit Lapangan Daik. Besok pagi ada rapat pimpinan puskesmas dan camat untuk goro massal, membasmi tempat perindukan nyamuk malaria yang ada di daerah itu.”ungkapnya.

Kadiskes menghimbau kepada masyarakata agar selalu menjaga lingkungan dengan baik.”Maka-nya kita menghimbau masyarakat untuk membersihkan genangan air.”himbaunya.

Diduga peningkatan kasus malaria yang masuk kategori kejadian luar biasa dalam bahasa medis, disebabkan oleh kotornye daerah pabrik bata dan sarang walet yang menjadi tempat perindukan jentik nyamuk. Dinas Kesehatan Kabupaten Lingga akan melakukan Pemeriksaan darah, survey jentik dan fogging dilokasi tersebut.

Dalam catatan media ini, kejadian luar bisa wabah malaria ini baru kali ini terjadi sejak Kabupaten Lingga dipimpin Drs Daria. Ironisnya, wabah malaria ini justru terjadi dipenghujung jabatan Daria sebagai Bupati akan berakhir.(muslim tambunan)

Ditulis Oleh Pada Kam 13 Nov 2014. Kategory Lingga, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

Komentar Anda