'
| | 1.104 kali dibaca

Dinkes Sosialisasikan Pokja Operasional Desa Siaga Aktif

Nara sumber dari Dinkes Lingga dalam sosialisasikan pokja operasional desa siaga aktif

Nara sumber dari Dinkes Lingga dalam sosialisasikan pokja operasional desa siaga aktif.

Lingga, Radar Kepri-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lingga kembali melakukan sosialisasi penguatan kelompok kerja (pokja) operasional desa dan kelurahan se-Kabupaten Lingga.

Hal ini disampaikan Mas’ah, Kabid Promosi Kesehatan Keluarga dan Gizi Dinas Kesehatan kabupaten Lingga. Mas’ah selaku nara sumber pada pelaksanaan kegiatan penguatan desa dan kelurahan siaga aktif tingkat Kabupaten Lingga tahun 2014, Rabu (15/05).
Menurut Mas,ah selaku kabid Promosi kesehatan keluarga, bahwa penguatan pokja dipandang perlu untuk desa siaga aktif kategori pratama. Mengingat dari 73 desa dan kelurahan hanya empat yang merupakan desa siaga aktif kategori Pratama. Diakuinya, di antara 73 desa/kelurahan tidak semuanya aktif.

Untuk itu dilakukan penguatan dengan harapan ke depan desa yang telah menjadi desa siaga dapat lebih meningkatkan statusnya lagi menjadi desa Siaga Aktif yang bertujuan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan dimasyarakat yang lebih baik.”Desa siaga ada 4 kategori yakni, Pratama, Media, Purnama serta Mandiri. Saat ini yang termasuk dalam katogori Pratama ada dua desa di Kecamatan Singkep, dua lagi di Kecamatan Singkep Barat.”terangnya.

Sementara itu Kasi Promkes Lingga, Fazinawati mengharapkan dengan
diadakannya penguatan tentang desa siaga ini nantinya ke depan di setiap desa menjadi peduli, tanggap, dan mampu mengenali mencegah, serta mengatasi permasalah kesehatan yang dihadapi. Sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Kegiatan kordinasi penguatan desa siaga aktif ini juga melibatkan unsur pemerintah daerah lainnya. Mereka berasal dari BPMPD Lingga, Kemenag, bagian kesra, badan PP, tim penggerak PKK, camat, kepala desa, kelurahan, kepala puskesmas serta pelaksana Desa Siaga di masing-masing desa, yang kedepannya dapat lebih baik (muslim tambunan)

Ditulis Oleh Pada Jum 16 Mei 2014. Kategory Lingga, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

1 Comment for “Dinkes Sosialisasikan Pokja Operasional Desa Siaga Aktif”

  1. kapitan lingga

    saya sangat senang membaca perkembangan pembangunan di kabupaten lingga, kebetulan sama dengan nama saya. makasih salam buat pemerintah daerah kabupaten lingga dan warganya,

Komentar Anda

Radar Kepri Indek