'
| | 1.445 kali dibaca

Di Lingga, Pasangan Jokowi-JK Raih 70 Persen Suara

Foto bersama Komisioner KPUD Lingga bersama Kapolres, AKBP Puji Santosa

Foto bersama Komisioner KPUD Lingga bersama Kapolres, AKBP Puji Santosa usai rapat pleno penetapan Pilpres yang memenangkan pasangan Jokowi-JK, Rabu (16/07)

Lingga, Radar Kepri-Kabupaten Lingga menjadi salah satu lumbung suara pasangan Capres-Cawapres, Jokowi-JK. Pasangan nomor urut 2 I ni sukses mendulang 32 943 suara, sedangkan pasangan Capres-Cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Hatta Rajasa hanya meraih sekitar 1/3 perolehan suara Jokowi-JK. Pasangan koalisi merah putih ini hanya meraup 14 018 suara. Hasil akhir ditingkat Kabupaten ini didapat setelah Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) menggelar rapat pleno penetapan hasill Pilpres 9 Juli 2014 lalu di aula Lingga Pesona, Daik, Rabu (16/07).
Data suara setelah rapat pleno KPUD Lingga, dari 8 kecamatan yangmemberikan dukungan kepada calon presiden dan wakil presiden untuk nomor urut 1 dan nomor urut 2.
Suara dukungan untuk calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1, Probwo-Hatta di kecamatan Singkep sebanyak 4.141 suara, untuk pasangan Jokowi-JK sebanyak 7.582 sura.
Untuk kecamatan Lingga suara dukungan untuk Prabowo – Hatta sebanyak 1.868 suara, sedangkan Jokowi -JK sebanyak 3.880 suara.
Untuk kecamatan Senayang suara dukungan untuk Prabowo-Hatta sebanyak 2.671 suara, sedangkan Jokowi -JK sebanyak 7.350 suara.
Untuk kecamatan Singkep Barat suara dukungan untuk Prabowo- Hatta sebanyak 1.711 suara, sedangkan untuk Jokowi -JK sebanyak 6.401 suara.
Untuk kecamatan Lingga Utara suara dukungan untuk pasangan Prabowo-Hatta sebanyak 1.757 suara, sedangkan Jokowi-Jk sebanyak 3.567 suara.
Untuk Kecamatan Singkep  Pesisir suara dukungan untuk Prabowo-Hatta sebanyak 636 suara, sedangkan Jokowi-Jk sebanyak 1.643 suara.
Untuk Kecamatan Lingga Timur, suara dukungan untuk Prabowo-Hatta sebanyak 711 suara, sedangkan Jokowi- Jk sebanyak 1.352 suara.
Untuk kecamatan Selayar, Suara dukungan untuk Prabowo-Hatta sebanyak 523 suara, sedangkan Jokowi -Jk sebanyak 1.168 suara.
Pantauan media ini, pleno KPUD tersebut, di kawal ketat dari jajaran Polres Lingga, satu pleton anggota polisi di turunkan dari Polres untuk mengawal rapat pleno KPUD tersebut.
Kapolres Lingga, AKBP Puji Santosa, terlihat menyaksikan jalannya penghitungan suara di KPUD tersebut. Rapat pleno tersebut juga di hadiri Sekda Kabupaten Lingga, Muhammad Aini,  dan asisten I  pemerintahan Kabupaten Lingga.

Saksi kedua pasangan calon presiden dan wakil presiden, terlihat sangat teliti terhadap semua laporan dari data per-kecamatan. Rapat pleno tersebut berjalan dengan lancar tidak ada terjadi adu komentar maupun kesalahan data.
Saksi dari pasangan calon preseden dan wakil presiden Prabowo-Hatta, Baharu Mazi, menuturkan. Data yang di laporkan oleh setiap PPK dari kecamatan pada saat pleno, sesuai dengan data yang mereka peroleh.”Jadi tidak ada yang keliru, semua bagus.”kata Baharu Mazi.
Begitu juga dengan saksi dari pasangan calon presiden dan wakil presiden Jokowi –JK, Raden Sueb, data yang di laporkan oleh PPK kecamatan sesuai dengan data yang mereka peroleh.
Ketua KPU Lingga, Agussyuriawan, saat konfrensi persnya menyatakan, sangat bersyukur atas terlaksananya pemilihan di kabupten Lingga dengan aman dan lancar, sampai pada rapat pleno.” Saya mengucapkan terimakasih kepada semua yang terlibat untuk mensukseskan pemilu di Kabupaten Lingga, mulai dari pemerintah dan instansi terkait beserta seluruh masyarakat Lingga, karena semua ini berjalan lancar atas bantuan, semua pihak, tidak mungkin hanya karena kerja KPUD.”kata Agussyuriawan.
Selanjutnya hasil rapat Pleno KPU kabupaten tersebut akan langsung di laporkan ke KPUD Provinsi Kepri. Dan pada tanggal 18 Juli akan di laksanakan rapat pleno di tingkat Provinsi Kepri (muslim tambunan)

Ditulis Oleh Pada Kam 17 Jul 2014. Kategory Lingga, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

Komentar Anda

Radar Kepri Indek