| | 615 kali dibaca

Di Kecamatan Batam Kota, Sampah Bisa Ditukar Raskin

 Camat Batam kota Riduan didampingi anggota DPRD Batam komisi II, Aman dan Lurah taman Baloi Dwiki stiawan sewaktu menberikan keterangan Pers kepada wartwan tentang pengolulaan sampah dikecamatan batam kota.


Camat Batam kota Riduan didampingi anggota DPRD Batam komisi II, Aman dan Lurah taman Baloi Dwiki stiawan sewaktu menberikan keterangan Pers kepada wartwan tentang pengolulaan sampah dikecamatan batam kota.

Batam, Radar Kepri- Sekarang masyarakat Kecamatan Batam kota tidak perlu lagi susah membuang sampah .Karena Kecamatan Batam kota dan kelurahan yang ada di kecamatan itu telah menjalin kerjasama  dengan Dinas Kebersihan dan Bank Sampah.

Bank Sampah mengajak masyarakat  Batam  mengatasi sampah di kota Batam dengan menjadikan sampah memiliki nilai ekonomis  bagi masyaraakat.

Hal tersebut  disampaikan, Riduan, Camat Batam kota dikantor Kelurahan ,Taman Baloi Rabu (13/04).Nilai ekonomis yang dimaksud, masyarakat diminta untuk mengumpulkan sampahnya sendiri yang ada nilai jualnya. Lalu dua kali, masyarakat  diminta untuk mengantarkan sampah tersebut  ke kantor kelurahan masing –masing  dimana mereka tinggal  dan Kecamatan dan Kelurahan bekerjasama dengan Bank sampah  siap menbeli  sampah tersebut, dengan cara kami membuka Buku Tabungan dan Kartu ATM dari Bank sampah. Masyarakat tersebut yang telah menpunyai ATM Bank Sampah.”Cukup melihat saldonya dari Buku Tabungannya ATM-nya saja, sesuai dengan jumlah berat sampah  yang terkumpul oleh masing-masing masyarakat tersebut.”ungkapnya.

Lebih lanjut  Camat Batam kota, mengatakan terkait  adanya program  sampah, ini  bisa membantu  masyarakat  yang kurang mampu, uang pembelian sampah  yang terletak di rekening Bank sampah tersebut  bisa lansung  ditukarkan  dengan  beras raskin.”Jadi Program ini, selain bisa menbantu masyarakat  kurang mampu, juga membantu pemerintah dalam  menjaga kebersihan.”ujarnya.

Aman, Anggota DPRD kota Batam dari Partai Kebangkitan  Bangsa (PKB) dari Komisi II  sangat mendukung Program  Camat  Batam kota.”Semoga program  ini bisa menjadi contoh Kecamatan-Kecamatan lain yang ada dikota Batam, sehingga kedepan  Batam ini  bisa terbebas dari tumpukan sampah yang menghantui Batam selama ini.”jelasnya.

Dwiki Setiawan Lurah, Taman  Baloi,  Kecamtan  Batam kota, sebagai  kelurahan pertama  tempat pencanangan program pengalohan sampah ini, mengatakan masyarakat Taman Baloi  menyambut  positif  progra  diatas.”Terbukti  sebanyak 469 KK  masyarakat  saya sudah terdata sebagai nasabah Bank sampah. Mereka sudah memegang buku tabungan  sebagai Nasabah Bank sampah, hari ini mereka berbondong-bondong  kekelurahan  ini membawa sampahnya.”sebutnya.

Pantauan awak media  ini  dilapangan  masyarakat taman Baloi  terlihat  berbondong  menbawa sampahnya  lalu ditimbang oleh  Pegawai kelurahan, dan setiap  masyarakat  yang  membawa sampah diberikan buku tabung  Bank sampah. (taherman)

Ditulis Oleh Pada Kam 14 Apr 2016. Kategory Batam, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Komentar Anda