'
| | 630 kali dibaca

Desa Berindat Hibahkan Tanah, Bangun RKB SDN 007

untitled

Pelajar Sekolah Dasar (SD) di daerah terpencil di Provinsi Kepri, Pekajang saat menyaksikan kedatangan pejabat penting Pemprov Kepri dan Pemkab Lingga beberapa lalu.

Lingga, Radar Kepri-Warga Desa Berindat di Kecamatan Singkep sepenuhnya menyadari pentingnya pendidikan untuk meningkatkan kesejahteraannya. Untuk itu mereka bersedia menghibahkan tanah ke Pemkab, agar mereka bisa mendapatkan ruangan kelas tambahan.

Kepala Desa Berindat, Kecamatan Singkep Hairiyansyah mengatakan pentingnya peningkatan mutu pendidikan diwilayahnya. Untuk itu, ia memutuskan membeli tanah dengan Dana Alokasi Desa (ADD) untuk membangun tiga Ruang Kelas Baru (RKB). Dan, untuk satu ruangan lainnya untuk Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di SDN 007, Berindat.”Tentunya tanah yang dibeli desa ini terlebih dahulu telah disetujui masyarakat. Luas tanah yang dibebeskan untuk keperluan RKB dan UKS ini sekitar 600 meter persegi dengan harga Rp 20 juta.”kata Hairiyansyah kepada wartawan Senin (14/01).

Diungkapkannya, luas tanah yang dibebaskan dan dihibahkan desa ini lebih lebar dari luas bangunan yang direncanakan. Kelebihan tanah yang ada, nantinya dapat dimanfaatkan untuk fasilitas sekolah.”Kelebihan tanah dapat dibangun lapangan voli atau futsal atau fasilitas lainnya.”sebutnya.

Dia menuturkan, kebijakan untuk membebaskan tanah di sekitar sekolah ini, awalnya dari permintaan sekolah yang menginginkan adanya penambahan lokal untuk aktivitas belajar mengajar. Pihak Disdikpora Lingga, menyetujui permintaan pembangunan RKB baru yang diminta sekolah dengan syarat ada lahan yang digunakan untuk dibangun.”Lalu, kepala sekolah berkoordinasi dengan saya. Hingga akhirnya saya meminta saran warga agar sebagian dana ADD dapat dibelikan tanah untuk sekolah.”ujarnya bercerita.

Dilanjutkannya, dengan adanya penambahan ruang belajar ini, ia berharap guru dan murid dapat melakukan proses belajar mengajar dengan nyaman. Sehingga mutu pendidikan warga di desa ini semakin meningkat. Meningkatnya, mutu pendidikan secara langsung dapat meningkatkan kesejahteraan warga Berindat di masa yang akan datang.”Dengan pendidikan tinggi, saya yakin kesejahteraan juga semakin meningkat.”imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN 007 Berindat, Kamariah, mengatakan atas nama seluruh warga sekolah, ia mengucapkan terima kasih kepada Kades dan seluruh masyarakat Berindat. Yang telah berbesar hati menghibahkan tanah untuk sekolah yang dipimpinnya.”Saya ucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas kepedulian masyarakat Berindat ini.” imbuhnya.(tmb)

Ditulis Oleh Pada Ming 10 Feb 2013. Kategory Lingga, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

Komentar Anda