'
| | 677 kali dibaca

Cegah Penularan Penyakit Kaki Gajah, Dinkes Lingga Gelar Pelatihan

dr Jonner memberikan penjelasan dalam pelatihan kader Pos Yandu guna mencegah penyebaran penyakit kaki gajah.

dr Jonner memberikan penjelasan dalam pelatihan kader Pos Yandu guna mencegah penyebaran penyakit kaki gajah.

Lingga, Radar Kepri- Sebanyak 132 orang kader Posyandu  se-Kecamatan Singkep mendapakan pelatihan pendataan Filariasis (penyakit kaki gajah, red), Rabu (23/10). Dimana 133 orang ini merupakan perwakilan dari 33 Posyandu yang ada di Kecamatan Singkep.
dr Jonner, Kasi Pemberantasan Penyakit Menular (P2M), Dinas Kesehatan Lingga mengatakan”Satu Posyandu, kita minta mengirimkan empat orang kader yang nantinya melakukan pendataan di wilayah masing-masing.”katanya, disela pelatihan di Hotel Prima Inn.
Dikatakan, pelatihan kader Posyandu ini tidak hanya dilakukan di Kecamatan Singkep, tapi tujuh kecamatan lainnya. Kecamatan Lingga, Kecamatan Senayang, Kecamatan Lingga Utara, Kecamatan Singkep Barat dan Kecamatan Selayar adalah tempat pelatihan kader Posyandu untuk pendataan masyarakat untuk diberikan obat Filiarisasi.”Dalam pelatihan ini para kader diberipengetahuan tentang penyakit Filariasis untuk selanjutnya memberikan sosialisasi kepada masyarakat saat melakukan pendataan.” ujarnya.
Pelatihan dilakukan untuk mendapatkan data yang real berapa warga yang wajib diberikan obat anti filariasis, yakni yang berumur 2-75 tahun.”Pemberian obat secara resmi akan dilakukan pada 12 Nopember 2013, bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional.”terangnya.
Pemberian obat anti filariasis di Kabupaten Lingga yang direncanakan pada 12 Nopember 2013, ini lebih cepat dari target yang ditetapkan pemerintah pusat, yaitu, pada Tahun 2014.”Masyarakat juga diharapkan dapat memberikan data yang akurat tentang kondisi keluarganya, saat pendataan dilakukan kader Posyandu, nantinya,” ujarnya.(Tmb)

Ditulis Oleh Pada Sen 28 Okt 2013. Kategory Lingga, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

Komentar Anda

Radar Kepri Indek