| | 146 kali dibaca

Bupati Himbau Warga Hidup Sehat

Natuna, Radar Kepri- Bupati Himbau masyarakat untuk menerapkan hidup sehat. hal itu disampaikan Hamid, disela sela ia membuka acara DJSN yang diselenggarakan di Natuna Hotel Selasa (28/11) semalam.

Hamid juga mengharapkan kesadaran, kemauan seluruh masyarakat untuk menerapkan hidup sehat. “kesehatan adalah upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen bangsa dalam mencapai tujuan kesehatan dapat terwujud setinggi tingginya.

Bupati Hamid Rizal, di dampingi Wakil Bupati, Ngesti Yuni Suprapti, sekaligus membuka acara Redaktur Meeting kepada Jurnalis dan Lokakarya Kabupaten Natuna, dengan agenda, Edukasi Publik Sistem Jaminan Sosial Nasional dan Sosialisasi Program BPJS Ketenagakerjaan, yang diselenggarakan Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN), tersebut.

Pada kesempatan itu Bupati Hamid juga mengatakan, “Kebijakan pembangunan kesehatan tahun 2015 – 2019, difokuskan pada penguatan melalui tiga pilar utama, yaitu penerapan paradigma sehat, Penguatan pelayanan kesehatan, dan Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Paradigma sehat memiliki prinsip, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) wajib mendorong seluruh pemangku kepentingan untuk berkomitmen dalam upaya mencegah dan mengurangi resiko kesehatan yang dihadapi oleh individu, keluarga, kelompok dan masyarakat.”Ucap Bupati.

Masih Bupati, saya himbau kedepan harus dilakukan perubahan, agar paradigma sehat benar-benar diterapkan dalam membangun kesehatan masyarakat, termasuk dalam pelaksanaan jaminan kesehatan nasional. Dimana, penerapannya saat ini lebih memperhatikan penyembuhan penyakit dan pemulihan kesehatan bagi perorangan.” Tambahnya.

Hamid, menyatakan mendukung upaya peningkatan akses pelayanan kesehatan, terutama terhadap masyarakat kurang mampu, Pemerintah Natuna melalui Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, sudah melaksanakan program Natuna Sehat, yang ditetapkan dengan Peraturan Bupati Natuna Nomor 15 Tahun 2017.

“Program Natuna Sehat, selain untuk melindungi kesehatan penduduk Kabupaten Natuna, juga turut mengajak lapisan masyarakat mengubah pola pikir tentang jaminan kesehatan, dimana hanya masyarakat yang tidak mampu saja yang diberikan bantuan iuran Pemerintah Kabupaten. Sementara masyarakat yang mampu hendaknya dengan kesadaran sendiri untuk dapat mendaftar di BPJS kesehatan melalui jalur mandiri. Kemudian agar masyarakat mendapat pelayanan kesehatan secara lebih merata.

Mulai tahun 2017 ini, secara bertahap sudah mulai dilakukan integrasi pemegang kartu Jamkesda sebagai Penerima Bantuan Iuran (PBI) dari anggaran APBD ke JKN yang bekerja sama dengan BPJS,” Sampai Hamid.

Dalam hal ini, PTT, GTT, dan PTT Paramedis, merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna. Mereka juga berhak memperoleh manfaat yang dihasilkan dari pelaksanaan program kesehatan yang diselenggarakan oleh BPJS, karena BPJS merupakan program publik yang memberikan perlindungan bagi tenaga kerja untuk mengatasi resiko sosial ekonomi tertentu, dengan menggunakan mekanisme asuransi sosial, dimana hal yang sama hendaknya berlaku pada lembaga/instansi, mempunyai kewajiban dalam keikutsertaan seluruh pegawainya.

“kita berharap kedepan BPJS Kesehatan sebagai pengelola JKN dapat memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik dan mampu meningkatkan status kesehatan penduduk di Kabupaten Natuna, untuk yang lebih baik pelayanannya.

muda mudahan apa yang menjadi visi BPJS Kesehatan 2016 – 2021, terwujudnya JKN – KIS yang berkualitas bagi seluruh penduduk Indonesia akan mampu dicapai.”Terang Bupati.

Pada kegiatan tersebut, selain dihadiri oleh Bupati Hamid Rizal, juga nampak Wakil Bupati Natuna, Dra. Hj. Ngesti Yuni Suprapti, MA. Kadis Kesehatan Abdul Gani, Kepala Cabang BPJS Tanjungpinang, Timbul Siregar. serta undangan lainya.(hum/Herman)

Ditulis Oleh Pada Rab 29 Nov 2017. Kategory Natuna, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Komentar Anda

Radar Kepri Indek