'
| | 811 kali dibaca

Buka Isolasi, TNI Gelar TMMD di Desa Keton

Danlatamal IV Laksamana Pertama TNI Agus Heryana membuka TMMD untuk membuka isolasi di Desa Keton. Kecamatan Lingga Timur.

Danlatamal IV Laksamana Pertama TNI Agus Heryana membuka TMMD untuk membuka isolasi di Desa Keton. Kecamatan Lingga Timur.

Lingga, Radar Kepri-Dalam rangka mengisi HUT TNI yang jatuh setiap tanggal 5 Oktober, TNI menggelar program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-91 mulai tanggal 9 sampai 29 Oktober 2013 di Desa Keton, Kecamatan Lingga Timur. Program yang berisi pembangunan fisik, pelebaran jalan dan penyuluhan bertujuan membuka isolasi daerah tersebut.
Komandan Lantamal IV Laksamana Pertama TNI Agus Heryana mengatakan, TMMD melibatkan personil TNI AD, TNI AL, polisi, Menwa dan masyarakat. Total personil yang di libatkan 270 orang, sebanyak 120 orang dari TNI.”Pekerjaan fisik, berupa pelebaran jalan sepanjang 600 meter. Langsung ada batu miring. Ada juga rencana rehab masjid dan pengecatan.”kata Agus usai acara pembukaan.
Dijelaskan, dalam TMMD tak hanya program pembangunan fisik. Tapi ada juga program penyuluhan. Antara lain, penyuluhan bela negara, hukum, dan pertanian, serta kesehatan. TNI menggandeng sejumlah pihak dalam program penyuluhan ini.

Mengenai pendanaan TMMD, kata Agus Heryana, dananya langsung dari pusat terkait pengerahan personil dan logistik. Sementara, material dalam pembangunan fisik ditanggung Pemkab Lingga.
Bupati Lingga, H Drs Daria mengaku bersyukur dipilihnya Desa Keton jadi lokasi TMMD ke-91 ini. Desa Keton di usulkan karena kondisi desa ini jauh tertinggal dari desa-desa lainnya di Kabupaten Lingga.”Ada 63 desa, Keton kondisinya yang minim, terisolir dan akses jalannya baru dibuka.”kata Daria.
Bupati berharap TMMD bisa membuka akses sehingga Desa Keton tak lagi terisolir. Dengan terbukanya akses, perekonomian masyarakat dengan sendirinya akan meningkat.”TMMD pernah digelar di Desa Kudung, hasilnya sangat bagus. Harapan kita, Keton bisa mengejar ketertinggalannya dan menyamai desa-desa tetangga lainnya.”harapnya.
Pemkab Lingga, tambah Bupati, akan melanjutkan peningkatan pengaspalan jalan ke Desa Keton yang saat ini belum tuntas. Jalan menuju ke pelabuhan akan diaspal. Ia juga menyoroti kondisi lingkungan di Desa Keton yang terlihat kumuh. Hal ini terjadi karena lemahnya partisipasi warga dalam hal kebersihan.(tmb)

Ditulis Oleh Pada Kam 10 Okt 2013. Kategory Lingga, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

Komentar Anda