'
| | 1.165 kali dibaca

BP3KB Gelar Pelatihan Manajemen Hasil Produksi Perikanan

LINGA-15-UPK-saat-endapatkan-pelatihan-managemen-dan-pemasaran-yang-di-gelar-BP3KB-Kabupaten-Lingga

Sebanyak UPK saat mendapatkan pelatihan managemen dan pemasaran yang-di gela -BP3KB Kabupaten Lingga.

Lingga, Radar Kepri-UPK mendapat pelatihan pemasaran dan manajemen dari Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan KB (BP3KB) Kabupaten Lingga, Rabu (07/05) di hotel Sapta Pesona Daek Lingga.

Selama ini, kelompok yang bergerak di bidang pengelolaan hasil laut dan budi daya ikan tawar, belum bisa menunjukkan hasil yang memuaskan masih terkendala di bidang hasil produksi.
Pelatihan ini diikuti kurang lebih 15 kelompok, Masing-masing kelompok UPK tersebut berasal dari Kecamatan Senayang, Singkep, Lingga Utara, Lingga, Singkep Barat, dan Kecamatan Selayar.
Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan BP3KB Lingga Liswarti mengatakan, peserta dari kelompok UPK ini dibentuk pada 2012 lalu.

Sebelumnya, 15 kelompok ini juga telah mendapatkan pembekalan dan pelatihan usaha pengelolaan hasil laut dan budidaya ikan air tawar.”Mereka diberi seperangkat alat usaha berupa freezer dan mixer besar pada tahun pertama. Di tahun kedua, mereka diberikan bantuan mesin generator set. Sekarang, mereka terkendala persoalan pemasaran ke luar daerah.”terang Lisna, sapaan akrabnya di sela-sela pelatihan di ruang pertemuan Hotel Lingga Pesona.

Maka dari itu, pelatihan ini diberikan. Anggota kelompok ini kurang mengetahui cara membukukan keuangan, manajemen, dan pemasaran. Padahal, proses produksi berhasil dilakukan.”Pencapaian belum bisa dikatakan berhasil. Selama ini masih terkendala pasar yang minim.” ungkap Lisna.
Hasil produksi kelompok UPK ini seperti kerupuk Rejai, kerupuk Benan, kerupuk ikan, kerupuk bakso, kerupuk nugget udang, dan kerupuk sotong. Hasil usaha kelompok yang diminati di pasaran hanya dari UPK Batu berdaun Singkep.”Untuk membuka wawasan, mereka diberi pengetahuan tentang dunia kewirausahaan. Dengan pelatihan selama tiga hari ini, kami berharap hasil produksi kelompok UPK  banyak peminatnya  baik di pasar lokal maupun provinsi.”terang Liswarti.Saat ini banyak yang dapat di kelola di Kabupaten lingga melalui UPK yang sudah ada.(muslim tambunan)

Ditulis Oleh Pada Jum 09 Mei 2014. Kategory Lingga, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

Komentar Anda