' '
| | 624 kali dibaca

Biaya Akta Lahir Tinggi, Tim Ombudsman Sidak ke PN Batam

ketua pengadilan beserta jajarannya menyambut ketua Ombudsmen kepri dikantornya sewaktu sidak hari ini.dikantor pengadilan Batam

Ketua pengadilan Negri Batam beserta jajarannya menyambut ketua Ombudsman Kepri dikantornya saat sidak, Senin (06/05) PN Batam.

Batam, Radar Kepri-Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Pronvinsi Kepri, melakukan inspeksi mendadak (sidak) kekantor Pengadilan Negeri Batam, Senin (06/05). Sidak digelar terkait mahalnya biaya sidang perdata dan pembuatan akte kelahiran anak di kantor PN Batam.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya mencuat ke publik masyarakat Batam yang di ekspos media masa. Pengadilan Negeri Batam minta uang sebesar Rp 150 ribu untuk selembar akte lahir kepada orang tua anak yang mau di terbitkan akte lahirnya.

Ketua Ombudsmen Kepulauan Riau, Yusron Roni melakukan sidak kekantor Pengadilan Negeri Batam didampingi dua orang anggotanya, Senin (06/05). Mareka disambut lansung oleh ketua Pengadilan Batam, Jack Johanis Octavianus SH MH diruangan rapatnya, didampingi beberapa orang anggotanya.

Dalam rapat tertutup itu, tim Ombudsmen Propinsi mempertanyakan informasi tentang biaya pembuatan akte lahir di PN Batam mencapai Rp 150 ribu.”Karena, kalau memang benar hal itu. Tentu kasihan kita kepada masyarakat yang tidak mampu”jelasnya.

Yusron Roni minta kepada Kepala Pengadilan Negeri Batam.”Lalau bisa instansi  pengadilan ini, memberikan pelayan yang baik kepada instansi SKPD lain di pemerintahan. Karen pengadilan ini adalah lembaga yang sangat terhormat.”pintanya.

Ketua Pengadilan Batam Jack  Johanis Octavianus SH MH menyambut baik kedatangan ketau Ombudsman Provinsi Kepri.”Sebelumnya mengucapkan terima kasih atas kedatangan bapak-bapak. Terkait hal adanya informasi tinggi biaya persidangan akte kelahiran anak di Pengadilan Negeri Batam itu. Mungkin itu bisa benar, bisa juga tidak. Namun kami tidak ada menerima pengaduan resmi.”katanya.

Naman kedepan, kalau ada masyarakat Batam yang akan sidang akte kelahiran anaknya.”Ssilahkan saja sesuai dengan presedur yang telah ditentukan. Karena uang yang wajib di bayar oleh orang tua anak adalah uang PNBP sebesar Rp 5000 saja.”jelasnya.

Adapun uang lain yang dipungut oleh Pengadilan di luar itu, sesuai dengan surat Keputusan kepala Pengadilan Nomor W4.U8/6298/HK.008/HK./XI/2012. Tentang perincian Panjar biaya pendataran perkara perdata. Tergantung wilayah tempat tinggal calon pemohon gugatan. Kalau wilayahnya di Rempang Galang, Belakang Padang. Tentu ongkos biaya yang dikeluarkan oleh pengadilan juga tinggi karena jauh.”Sedangkan biaya untuk mengantarkan undangan panggilan itu di bebankan kepada pemohan jadi, melihat dimana tinggal si pemohon itu. Misalnya, kalau pemohon tinggal di Belakang Padang itu bervariasi, bisa Rp 175 Ribu.”ungkapnya.

Kedepan akan terus, ketua PN Batam berjanji  akan memperbakii kinerjanya.”Sekali lagi, kami cukup berterimakasih kepada Ombudsman Kepri yang telah hadir kepada pengadilan. Untuk me,berikan masukan kepada kami. Sekali lagi saya menghimbau kepada masyarakat Batam. Jangan memakai jasa orang lain kalau mengurus apapun di pengadilan.”harapnya. (taherman)

Ditulis Oleh Pada Sel 07 Mei 2013. Kategory Tanjungpinang, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

Komentar Anda