| | 1.794 kali dibaca

Besok, 2200 Pasukan TNI AU Latih Tempur Di Natuna

Salah satu alutista TNI AU yang akan digunakan untuk latihan tempur di Natuna.

Salah satu alutista TNI AU yang akan digunakan untuk latihan tempur di Natuna.

Natuna, Radar Kepro-Sebanyak 2200 personil  TNI AU dan 70 pesawat  tempur,  kembali akan melakukan latihan tempur Angkasa Yudha tahun 2016 di wilayah Kabupaten Natuna.

Latihan akan di mulai pada 3 hingga 6 Oktober mendatang.”Insa Allah sesuai skedul, tanggal 3 hingga 6 Okteber 2016 akan di laksankan latihan Angkasa Yudha, lokasinya di sekitar Pangkalan TNI  AU. Dalam latihan ini sebanyak 2200 personil TNI dan 70 pesawat tempur. Dari semua jenis akan dilibatkan,” ungkap Komandan Lanud (Danlanud) Natuna, Kolonel (Pnb), Nurtanio Affan, kepada wartawan di sela sela kegiatan peninjauan lokasi persiapan latihan, di Pangkalan TNI AU Ranai minggu (02/10) pagi tadi.

Nurtanio juga mengatakan,” Persiapan lokasi latihan tempur sudah hampir rampung. Mulai dari kedatangan sejumlah personil TNI AU. Alat Utama Sistim Pertahanan (Alutista), hingga persiapan lokasi sasaran tembak.

Latihan  tempur  tahun 2016 di Natuna  juga  dihadiri oleh Presiden RI, Joko Widodo beserta sejumlah Menteri,petinggi TNI dari semua kesatuan dan para pejabat negara.”jelasnya.

Danlanud, juga menghimbau kepada warga nelayan agar tidak dulu beraktifitas di sekitar lokasi sasar tembak.  20 Mill dari ujung utara landasan bandar udara arah laut dan di sekitar Pangkalan TNI AU.

“Yang akan dijadikan sasaran tembak di ujung landasan Bandar Udara Ranai, juga di sekitar Pangkalan TNI AU Natuna. Untuk menjaga keaamanan, sekali lagi kita himbau kepada warga nelayan untuk tidak beraktifitas sementara sampai latihan selesai pada 6 oktober ini.

Danlanud mengatakan,  Latihan ini juga melibatkan ratusan personil attraksi terjun payung oleh pasukan TNI AU dengan menggunakan pesawat militer jenis paum ukuran jumbo dan sedang.

Sebelumnya Pangkoopsau I, Marsda TNI Yuyu Sutisna, Sabtu (24/9)
Kemaren, telah meninjau persiapan latihan Angkasa Yudha di Lanud Ranai. Dalam peninjauan itu Pangkoopsau menagatakan bahwa latihan tempur yang di selenggarakan di Natuna ini merupakan puncak dari
Seluruh rangkaian latihan yang telah digelar TNI AU di setiap satuan dan di setiap Lanud.”Kegiatan ini akan dilakukan secara nasional dan akan dipusatkan di Natuna. Kagitan ini merupakan latihan puncak dari semua latihan yang telah kita lakukan di tingkat satuan, skuadron dan ting Lanud,” jelas Marsda Yuyu di Lanud Ranai. Diterangkan Pangkoopsau, pada latihan ini, TNI AU akan melibatkan puluhan pesawat tempur dan angkut dari berbagai sekuadron dan akan ditempatkan di sejumlah bandara seperti Natuna, Batam, Pontianak dan Halim Perdana Kusuma Jakarta.”Latihan ini sifatnya nasional, sebab akan melibatkan banyak peralatan tempur, mulai dari pesawat, orlikon (Sejenis rudal) hingga 2200 pasukan. Mudahan latihan ini berjalan lancar dan tak ada hambatan, Insa Allah bapak prsiden juga akan hadir,” terang Pangkoopsau I, Marsda Yuyu Sutisna.(Herman)

Ditulis Oleh Pada Ming 02 Okt 2016. Kategory Natuna, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Komentar Anda

Radar Kepri Indek