'
| | 979 kali dibaca

Berdalih Anggaran Defesit, SD Mirip Kandang Kerbau di Sambau Gagal Dibangun

Beginilah kondisi SDN 028 di Dusun Sambau, desa Limbung, kecamatan Lingga Utara, Kabupaten Lingga.

Beginilah kondisi murid dan bangunan SDN 028 di Dusun Sambau, desa Limbung, kecamatan Lingga Utara, Kabupaten Lingga.

Lingga, Kepri Info-Sekolah Dasar Negeri (SDN) 028 di Dusun Sambau, Desa Limbung, Kecamatan Lingga sungguh sangat memprihatinkan. Lebih mirip kandang kerbau dari pada sebuah sekolah, beratap dan dinding rumbia, beralaskan tanah. Jika hujan para tunas bangsa yang menimba ilmu di Kabupaten pimpinan Drs Daria ini harus libur.

Kondisi ini tentu saja menimbulkan pertanyaan, kemana raibnya anggaran 20 persen APBD Lingga yang wajib dialokasikan setiap tahunnya ?. Kemudian, bagaimana komitmen skala prioritas pembangunan pendidikan di Lingga yang bersifat urgen ?. Jika melihat fakta SDN 028 Sambau ini, bukan saja pembangunannya urgen dan mendesak, tapi sudah dalam kondisi darurat. Karena, setiap tahun jumlah murid SD terus bertambah, sedangkan kondisi sekolah semakin reot dan rapuh.

Ironisnya, beberapa bangunan sekolah yang telah dibangun dengan program swadaya ala H Jabar Ali, mantan Kadisdik Lingga beberapa tahun lalu. Hingga saat ini belum bermanfaat dan bahkan belum di gunakan sama sekali.

Celakanya, untuk tahun 2014 ini, dengan dalih defisit anggaran, pembangunan untuk ruang sekolah baru (RKB) yang layak tak terealisasi alias dibatalkan. Sementara sejumlah kegiatan seremonial, mulai dari pelatihan di hotel maupun seminar tetap berjalan.

Padahal anggaran untuk membangun sekolah mirip kandang kerbau di Dusun Sambau ini telah di sahkan dalam APBD kabupaten Lingga. Alias di coret dan di pending pembangunannya untuk tahun 2014 ini.

Semetara itu, kabid pendidikan dasar Disdikpora Lingga, Rahmad, ketika di jumpai, Kamis (30/10) Menjelaskan.”Karena anggaran defisit, sekolah ini pembangunannya di tunda, pagu dana untuk membangun 2 lokal sebesar 362 juta rupiah.”jelasnya.

Begitu juga halnya dengan kepala Dinas pendidikan kabupaten Lingga, Said Parman, menjelaskan hal yang sama, sekolah Dasar Negeri 028 di sambau tersebut, di pending pembanguanya untuk tahun 2014 ini.

Namun untuk kegiatan pembanguan fisik yang sedang berjalan saat ini di dinas tersebut, terus berlanjut, pembangunan gedung sekolah di beberapa sekolah di Lingga, pembangunan UKS Sarana air bersih dan sanitasi sekolah, rehab di beberapa SD, SLTP dan SMU. Serta pembangunan laboratorium SMA dan SMK yang menggunakan dana lebih Rp 10 milyar.(amin)

Ditulis Oleh Pada Kam 30 Okt 2014. Kategory Lingga, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

Komentar Anda