' '
| | 1.005 kali dibaca

Belanja Modal Alat Kebersihan Terindikasi Fiktif

Menguak Dugaan Korupsi di Dinas Kebersihan Tpi (3)

t

Papan Nama Kantor Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman Kota Tp

Tanjungpinang, Radar Kepri-Tahun Anggaran 2012 lalu, Pemko Tanjungpinang melalui dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman menggelontorkan Rp 743 850 000 untuk Penyedian Sarana dan Prasarana Pengelolaan Persampahan. Dana sebesar ini bertujuan untuk peningkatan pelayanan kebersihan.

Ironisnya, anggaran tersebut disinyalir tidak semuanya dipergunakan untuk kepentingan masayarak Kota Tanjungpinang, sebagian besar dikorupsi. Indikasinya terlihat saat ini, dibeberapa titik saluran drainase tersumbat yang mengakibatkan banjir. Kemudian taman-taman berubah menjadi hutan tanpa pemangkasan, padahal anggaran untuk membeli alat-alat tersebut mencapai Rp 515 juta.

Berdasarkan copy data yang diterima Radar Kepri, total dana untuk pengelolaan Pelayanan Kebersihan TA 2012 lalu sebesar RP.743.850.000. Yang dibagi untuk beberapa item, diantaranya, Belanja Bahan Pakai Habis, Rp 3 juta, belanja Alat Tulis Kantor Rp 3 juta, Belanja Alat Tulis Kantor (1 PKT) Rp 3 juta, Belanja Jasa Kantor Rp 5 juta, Belanja Dokumentasi Rp 5 juta dan Belanja Dokumentasi (1 pkt) Rp 5 juta. Belanja Cetak dan Penggandaan Rp 5 juta. Belanja Penggandaan Rp 5 juta ditambah belanja Penggandaan (1 pkt) Rp 5 juta. Belanja Perjalanan Dinas Rp 8.850.000. Belanja Perjalanan Dinas Dalam Daerah Rp 3 juta. Belanja perjalanan Dinas Dalam daerah (1 OH) Rp 3 juta, Belanja perjalanan Dinas Luar Daerah Rp 5 850 000. Belanja Perjalanan Dinas Luar Daerah(1 OH)  Rp 5.850.000.

Kemudian Belanja Modal Rp 722 juta dengan perincian Belanja Modal Pengadaan Konstruksi/Pembelian meliputi Konstruksi/ Perumahan/ Gedung/ Fasilitas Umum Rp 207 juta.

Untuk belanja Modal Pembangunan Pagar TPA Ganet dianggarkan Rp 80 juta. Kemudian untuk Belanja Modal Pembangunan Sarana Air Bersih di TPA Ganet menghabiskan Rp 70 juta. Dan belanja Modal Pembangunan Landasan TPS Rp 57 juta.

Sedangkan untuk belanja Modal Alat-Alat Kebersihan mencapai Rp 515 juta dengan perincian untuk belanja Modal Tempat Sampah Rp 365 juta. Meliputi belanja Modal Pengadaan TPS Komunal 18 unit dengan nilai Rp 90 juta.Belanja Modal Jaring Penutup Dump Truck dengan volume 250 meter mencapai Rp 25 juta. Belanja Modal Pengadaan TPS Kontainer sebanyak 5 unit sebesar Rp 250 juta. Kemudian belanja Modal Mesin Pemotong Rumput menelan Rp150 juta sebanyak 30 unit dengan harga per-unitnya Rp 5 juta.

Sumber Radar Kepri menyebutkan, ada beberapa item yang fiktif alias tidak ada dibelikan.”Silahkan saja jaksa mengecek, akan diketahui, barang-barang yang duitnya habis, tapi barangnya tak ada.”bisik sumber yang meminta namanya tidak ditulis itu.(aliasar)

Ditulis Oleh Pada Kam 07 Mar 2013. Kategory Tanjungpinang, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

Komentar Anda