' '
| | 973 kali dibaca

Begini Cara Rodal Prawoto Peringati Hari Lahir Pancasila

Aksi Rodal Prawoto memperingati hari lahir Pancasila.

Aksi Rodal Prawoto memperingati hari lahir Pancasila.

Tanjungpinang, Radar Kepri-Sempena hari lahir Pancasila yang jatuh pada Senin (01/06), seorang mahasiswa yang tergabung dalam Jaringan Informasi Mahasiswa (JIM) Provinsi Kepulauan Riau (Prov Kepri) Rodal Prawoto, menggelar orasi tunggal di Bundaran Lapangan Pamedan Jl Ayani Tanjungpinang, Senin (01/06).
Dibawah terik matahari pemuda tersebut, tidak mengenakan pakaian, badannya dicat dengan warna merah dan putih sambil memegang Kertas yang bertuliskan.”Semangat Pancasila Masih di Dada” berdiri sambil membisu. Ketika ditanya radarkepri.com pemuda tersebut hanya bisa memberikan selembaran, release yang bertuliskan kata hatinya.

Berikut tulisan release Rodal Prawoto.”Memaknai kelahiran Pancasila sudah sepatutnya masyarakat, elit politik dan para pemimpin melakukan interopeksi diri agar kata Pancasila tidak hanya dijadikan pajangan semata. Akibatnya, kebebasan yang ada tak dibarengi dengan kedewasaan dalam hidup bermasyarakat dan bernegara, melahirkan beragam aspirasi politik yang bersifat primordial yang menonjolkan isu etnis, kedaerahan, ataupun agama. Penghargaan terhadap perbedaan pendapat dan keberagaman menurun. Solidaritas sosial merosot. Dalam prakteknya, sering menyaksikan aksi pemaksaan kehendak pengusiran lantaran berbeda pandangan ataupun tindakan. Sweeping yang sewenang- wenang. Tatkala gejala keretakan dalam kehidupan berbangsa ini kian tampak akibat desakan berbagai kepentingan itu, memperbincangkan kembali Pancasila menjadi sangat relevan, pandangan sepihak, ucapnya adalah tindakan yang tak menghargai keragaman, seseungguhnya bertentangan dengan kekayaan yang terkandung dalam kata Bhinneka Tunggal Ika semboyan kata makna yang selama ini dilupakan. Saat memperingati lahirnya Pancasila 1 Juni, relevansi untuk menengok kembali pikiran-pikiran yang di kristalkan oleh Bung Karno itu sungguh kuat. Ini bukanlah berarti melestarikan warisan yang mati, beku atau memistikkannya. Lebih tepat bila kita memaknai kembali Pancasila dalam konteks persoalan kebangsaan saat ini bahwa pada dasarnya Pancasila mengajak kita memelihara persatuan dengan menghargai keragaman, keekaan dalam kebinekaan bukan persatuan dan keekaan yang dipaksakan.”demikian tulisan dalam release.
Pantauan radarkepri.com dilapangan, terlihat keringat yang mengalir, dibawah terik mata hari, pemuda yang tidak mengenakan baju, mengenakan celana pendek warna hitam, berdiri seperti patung siapa saja yang menanyakan, apa yang dilakukanya, pemuda itu tidak mau bicara.(aliasar)

 

Ditulis Oleh Pada Sen 01 Jun 2015. Kategory Tanjungpinang, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

1 Comment for “Begini Cara Rodal Prawoto Peringati Hari Lahir Pancasila”

  1. Terimakasih telah membuat masayarakat tanjungpinang. Mengingat hari lahirnya pancasila

Komentar Anda