' '
| | 922 kali dibaca

Bazar Kewirausahaan SMANSA Dibanjiri Pengunjung

Dr Eka mewakili Walikota didampingi Kepsek SMAN 01, Imam Syafii saat membuka bazar Kewirausahaan.

Dr Eka mewakili Walikota didampingi Kepsek SMAN 01, Imam Syafii saat membuka bazar Kewirausahaan.

Tanjungpinang, Radar Kepri-Kamis (22/122016), bazaar kewirausahaan SMA 1 Tanjungpinang (Smansa) dengan tema melalui kewirausahaan kita jadikan generasi berjiwa entrepreneurship, resmi dibuka oleh walikota Tanjungpinang yang diwakili oleh Drs. Eka Hanasarianto. Pada acara pembukaan tersebut, anggota DPRD kota Tanjungpinang, dari fraksi Golkar ikut hadir.

Bazaar kewirausahaan tersebut dibuka sekitar pukul  09.00 wib. Dalam sambutannya, kepala sekolah SMA 1 Tanjungpinang, Imam Syafii mengatakan,Tantangan internal  yang utama dihadapi bangsa Indonesia semakin banyaknya penduduk usia produktif yang  mencapai puncaknya tahun 2020 hingga 2030 yang pada saatnya 2035. Perkembangan penduduk ini merupakan bonus demokrasi yang harus kita manfaatkan menjadi sumber daya manusia Indonesia   yang memiliki kompetisi ilmu, keterampilan  sikap dan sebagianya. Lanjut lelaki yang akrab disapa Imam itu,  Kewirausahaan atau interpreneurship merupak proses untuk meciptakan nilai budaya  berbeda,memikul resiko-resiko financial, menangung dampak psikis social serta mendapat imbalan dalam bentuk financial yang berupa  kepuasan diri. 3 hal yang penting yang harus dimiliki seorang interpreneurship, mencari peluang yang orang lain tidak me lihatnya,inovasi perubahan-perubahanitu  yang harus selalu dilakukan, pebisnis.

Masih imam, Kewirausahaan merupakan suatu pembelajaran tentang nilai kemampuan dan prilaku yang berani menghadapi tantangan hidup untuk memperoleh peluang dengan berbagai resiko yang dihadapi.

SMA 1 Tanjungpinang, sebagai sekolah pelopor kewirausahaan dikota Tanjungpinang, menerapkan konsep kewirausahaan yang dilandasi dengan berbagai dasar hukum yang sudah ditetapkan pemerintah dengan tujuan mengembangkan nilai-nilai kewirausahaan dan nilai jujur, disiplin, kerja keras, inovatif, mandiri, tangung jawab.

Usai memberikan sambutan, dilanjutkan dengan pembukaan bazaar oleh walikota Tanjungpinang  yang dalam hal ini diwakilkan kepada Drs. Hanasarianto.

Dalam sambutannya, pria yang akrab disapa Eka tersebut mengatakan ia berharap melalui kewirausahaan ini terbentuk karakter anak yang unggul. Usai memberikan sambutan eka didampingi imam syafii, memukul gong tanda bazaar kewirausahaan dibuka secara resmi.

Selanjutnya, Nyimas melda juara 2 FLS2N provinsi Kepri 2016 diminta menyumbangkan suara emasnya lalu dilanjutkan dengan esembel juara 1 lomba kreativitas siswakategori band tingkat provinsi Kepri 2016

Dikonfirmasi Radar kepri, imam berharap, bazaar tersebut bisa menciptakan siswa-siswi yang berjiwa wirausaha. “Bazar ini merupakan kegiatan dari rangkaian kegiatan, kita sudah menanamkan kewirausahaan ini yang sudah mulai dengan motivasi pelaksanaan dan diakhiri dengan bazar, kita berupaya menanamkan jiwa kewirausahaan kepada peserta didik” ujarnya. Bazar ini lebih banyak diisi bidang Pengolahan, namun tetap dilakukan  budidaya rekayasa, hanya saja budidaya agak lama seperti penanaman sayur, pembibitan lele, hasilnya sudah dijual, tetapi butuh waktu agak lama “Namanya masih belajar, runtuk pengolahan rata-rata pengolahan mereka dapat laba, keuntungan lebih  banyak dibagi untuk anak”, jelasnya. Modal untuk bazaar mengunakan sitem pinjaman lunak, hampir seperti kobe  bedanya disekolah   anak didik yang mengolah, kita beri dalam bentuk pinjaman lalu dikembalikan jadi tidak memberatkan.

Sementara itu, Ade angga yang dikonfirmasi mengatakan mengucapkan selamat, ini kegiatan yang laur biasa, positif bagaimana daerah kita memerlukan lebih banyak lagi wira usaha wira usaha untuk mengatasi penganguran kekurangan lapangan kerja, maka  kegiatan ini positif mendorong agar setiap individu mulai dari masa mudanya sudah dididik untuk menjadi pengusaha. Karena dengan begini kita harapkan semakin banyak orang menjadi pengusaha dengan begitu semakin banyak peluang lapangan kerja. Dengan begini orientasi anak muda lulus lalu jadi PNS tetapi bagaimana dia lulus bisa jadi pengusaha.

Usai membuka bazaar, eka dan para tamu undangan medatangi beberapa stand bazaar untuk melihat-lihat hasil kerajinan para pelajar SMA 1 Tanjungpinang, bahkan ade angga sempat memborong beberapa jajanan dan kerajinan tangan  yang disambut sumringah para pelajar tersebut. Kata-kata motivasi dari salah satu stand bazaar samnsa “percaya diri adalah rahasia pertama dari sukses. Stan ini juga menjual minuman laksamana mengamuk yang rasanya cukup nikmat.(lanni)

Ditulis Oleh Pada Sab 24 Des 2016. Kategory Tanjungpinang, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Komentar Anda

Radar Kepri Indek