'
| | 1.149 kali dibaca

Bantuan Kapal Dari Kementrian DKP “Raib” di Lingga

Bupati Lingga ketika menyerahkan bantuan dari DKP untuk nelayan.

Bupati Lingga ketika menyerahkan bantuan dari DKP untuk nelayan.

Lingga, Radar Kepri-Ketua Ormas Pemuda Pancasila Lingga, Arman Arsyad meminta penegak hukum untuk menyelidiki dua kapal nelayan bantuan dari kementerian Kelautan dan Perikanan (DKP) RI yang di peruntukkan untuk masyarakat Lingga, Sabtu (14/6). Bantuan kapal oleh pemerintah pusat berada di tiga desa, ke tiga kapal masing-masing satu buah kapal berbobot 30 GT bantuan dari pemerintah pusat dan juga sebanyak 50 buah pompong yang dilengkapi alat penangkap ikan.
Arman mengatakan.”Saat ini dua kapal tersebut sudah tidak berada di kabupaten Lingga yang di serahkan di Desa Kelombok dan Desa Bakung hannya ada satu tinggal yang di Desa Penuba, Kabupaten Lingga.”ujarnya.

Arman yang juga pengusaha ikan ini mengatakan, dirinya mendapat informasi, penarikan kapal tersebut karena koperasi kelompok nelayan yang di berikan bantuan tidak dapat mengelola kapal tersebut. Pendapat tersebut di bantah langsung oleh Arman, dia  mengatakan bahwa diduga ada permainan dinas terkait terkait hal ini.”Masih banyak nelayan di kabupaten Lingga yang mampu untuk mengelola kapal tersebut, maka tidak ada alasan untuk di pindahkan karena peruntukannya suidah jelas untuk masyarakat Lingga.”katannya.
Penyerahan bantuan tersebut langsung diserahkan oleh Bupati Lingga, Drs H Daria pada saat itu  didampingi beberapa kepala SKPD di jajaran Pemkab Lingga dan tokoh masyarakat Lingga di pelabuhan laut Tanjung Buton, Daik Lingga.
Harapan Bupati pada saat itu.”Bantuan ini diharapkan dapat meningkatkan hasil tangkapan para nelayan dan sekaligus dapat menambah kesejahteraan masyarakat Lingga. Tiga unit kapal dari kementerian ini adalah salah satu dari upaya yang kita usahakan bagi para nelayan.”ujar Bupati. Disebutkan, bantuan dari kementerian Kelautan dan perikanan (DKP) RI tersebut sebagai bentuk kepedulian Pemkab Lingga khususnya bagi para nelayan daerah ini.”Sehingga dengan tersedianya kapal tersebut, setidaknya nelayan tempatan dapat bersaing dengan nelayan dari luar. Mengingat wilayah Lingga yang memang sebagian besar adalah merupakan wilayah laut yang luas.”ujar Bupati Lingga pada saat itu.
Bantuan lainnya, sebanyak 50 buah kapal pompong berikut dengan alat tangkapnya tentu pula semakin memberikan kemudahan. Bupati berharap agar para nelayan dapat memanfaatkan bantuan dengan sebaik-baiknya, bertanggungjawab serta amanah dan tidak berniat untuk menjual pompong dan atau alat tangkap kepada pihak lain,
Ketika media ini minta konfirmasi melalui SMS pada Kadis DKP Pemkab Lingga, Abang Muzni pada Sabtu (14/06) malam, belum menerima balasan terkait keberadaan dua unit kapal nelayan berbobot 30 GT yang di serahkan pemerintah pusat kepada pemerintah Kabupaten lingga dan Bupati Lingga menyerahkan kepada Nelayan kabupaten Lingga, media ini mencatat bantuan tersebut  bersumber dari APBD pusat tahun anggaran 2012 lalu.(muslim tambunan)

Ditulis Oleh Pada Ming 15 Jun 2014. Kategory Lingga, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

Komentar Anda

Radar Kepri Indek