'''
| | 399 kali dibaca

Banjir dan Longsor Melanda Jemaja

Banjir yang melanda pemukiman warga di daerah Jemaja.

Anambas, RadarKepri-Bencana banjir dan tanah longsor terjadi di Jemaja dan Jemaja Timur, ini bencana terbesar sejak Jemaja masuk Kabupaten Kepulauan Anambas.

Faktor cuaca karena curah hujan yang terus menerus selama dua hari 2 malam menyebabkan Kecamatan Jemaja dan Jemaja Timur “tenggelam” bak kolam renang raksasa, ratusan rumah penduduk, sekolah, pasar bahkan kantor pemerintah tak luput dari terjangan banjir.

TNI dan Polri membantu membersihkan tanah longsor di Jemaja.

Akibatnya, aktifitas warga lumpuh termasuk kegiatan ekonomi masyarakat.”Kita turut prihatin, semoga bencana ini cepat berakhir.”harap Fadil Hasan saat dikonfirmasi radarkepri.com.

Namun dibalik musibah ini, terlihat semua masyarakat bersatu, membantu kesulitan ekonomi yang dihadapi masyaratkat. Bukan hanya Pemda yang memberikn bantuan tapi, LSM Sebora, Perhimpunan Mahasiswa Anambas di Tanjupinang yang tergabung dalam HIMKA ikut membantu.”Alhamdulillah, kepedulian itu sangat membantu masyarakat yang tertimpa musibah. Tapi untuk jangka panjang harus ada kebijakan yang tegas dari Pemda KKA untul melarang masyarakat menebang hutan. Terutama daerah yang menjadi serapan air.” Ucap Fadil Hasan.

Seorang anggota Polri membantu warga melewati banjir di Jemaja.

Akibat musibah banjir dan longsor ini diperkirakan masyarakat dan Pemerintah Daerah mengalami kerugian Milyaran rupiah, banyak infrastruktur yang rusak.”Saya juga melihat musibah banjir yang tak diduga ini membuat Pemerintah Daerah kalang kabut, terkesan tidak siap menghadapi bencana besar seperti ini. Tindakan yang dilakukan Pemda KKA baru bersifat sporadis. kedepannya harus dibuat betul dengan perencanaan yang matang bagaimana menghadapi bencana besar seperti kejadian sekarang ini. Untungnya partisipasi masyarakat saling bahu membahu mengatasi bencana ini sangat luar biasa. Semoga bencana ini cepat berakhir.”pungkas.

Lapangan sepak bola berubah menjadi kolam raksasa akibat banjir.

Dalam musibah ini, sejumlah alat berat juga diturunkan membersihkan longsoran tanah, pohon tumbang dan tiang listrik yang roboh.

Anggota TNI dan Polri terlihat sangat aktif membantu warga melewati masa-masa sulit ini.(irfan)

Warga Jemaja yang mencoba tetap beraktifitas ditengah banjir yang melanda.

Ditulis Oleh Pada Ming 14 Jan 2018. Kategory Anambas, Tanjungpinang, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Komentar Anda

Radar Kepri Indek