| | 6.703 kali dibaca

APBD-P Tahun 2013 Kabupaten Natuna Disahkan Sebesar Rp1,53Triliun

Bupati Natuna Drs.H. Ilyas sabli didampingi Ketua,Wakil Ketua DPRD Saat Penandatangan  Perda APBD-P tahun 213.

Bupati Natuna Drs.H. Ilyas sabli didampingi Ketua,Wakil Ketua DPRD Saat Penandatangan Perda APBD-P tahun 213.

Natuna, Radar Kepri- Meskipun tidak sesuai dengan keinginan karena terjadinya defisit anggaran namun pengesahan APBD-P KabupatenNatuna yang sudah lama dinanti-nanti masyarakat Kabupaten Natuna yang sempat sedikit agak tertunda dari tahun-tahun biasanya. Akhirnya, Kamis (21/11) sekitar pukul 09 30 Wib di Gedung DPRD Kabupaten Natuna APBD-P disahkan.

Secara resmi APBD-P Natuna tahun 2013 disahkan Ketua DPRD Natuna Hadi Chandra S Sos dalam rapat paripurna DPRD KabupatennNatuna. Dalam Agenda Penyampaian pendapat akhir fraksi sekaligus Pengesahan Perubahan RAPBD menjadi Perda Perubahan APBD Kabupaten Natuna Tahun 2013.

Menurut Ketua DPRD Natuna Hadi Chandra S.Sos.”Dasar kita untuk Pengesahan RAPBD menjadi APBD-Perubahan berdasarkan amanat Pasal 183 ayat 1dan UU No 32 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah dan Permendagri Nomor  13tahun 2006 dan sebagaimana telah diubah dengan Pemendagri Nomor 21 Tahun 2011 tentang pedoman pengelolaan keuangan daerah.”jelasnya.

Dikatakan Hadi Chandra S Sos.”Perlunya kita pahami bersama, bahwa tujuan perubahan  APBD.Untuk memberikan pedoman dan arahan dalam pelaksaan rencana UU dalam mewujudkan rencana strategis yang telah ditetapkan. Selanjutnya perlu kami sampaikan sebagaimana rencana APBD Murni Kabupaten Natuna padaTahun 2013, rencanya sebesar Rp 1,62 Triliun, sebagaimana telah berobah menjadiRp. 1,53 Trilun, dan berkurang sebesarRp. 101,62 Miliar. Dan telah terjadi defisit anggaran sebesar Rp. 139.139,211 Miliar.”jelas Hadi Candra.

Setelah penyampaian pandangan akhir fraksi-fraksi dari parpol yakni Golkar Plus, PAN Plus,  Patriot  Karya Bangsa (PKB) dan Demokrat Nurani Rakyat. Masing-masing fraksi, semunya menegaskan Bupati Natuna selaku pimpinan yang mengelola keuangan daerah, agar benar-benar cermat dalam pengelolaan keuangan daerah. Agar lebih efisien benar-benar berpihak untuk kesejateraan masyarakat di Kabupaten Natuna.

Masing-masing fraksi juga menyarankan agar pemerintah daerah melanjutkan beberapa program yang telah berjalan selamaini. Seperti pengobatan secara gratis  di RSUD dan di Puskesmas dan pembangunan insfrastruktur jalan, jembatan di Kecamatan Bunguran  Barat dan lainya pada tahun 2014 mendatang.”Saya harapkan Bupati Natuna, agar lebih berhati-hati dalam pengelolaan keuangan dan belanja daerah agar tidak terjadi lagi defisi tanggaran pada tahun-tahun yang akan datang.”SaranNgestiYuni Suprapti dari fraksi Golkar plus.

Yuni juga menyarankan, agar Bupati memperhatikan pendidikan, sebagaimana telah diatur Undang-Udanga anggaranya 20% dari APBD pergunakanlah sesuai porsinya, tingkatkan kesejateraan guru. Berikan mereka yang memang menjadi hak mereka, setarakan dengan UMK Kabupaten Natuna gaji para  Guru  dan pegawai-pegawai honorer lainya. Agar tercapainya kulitas kerja mereka  yang maksimal.”Sarannya.

Selain itu, Hazimah dari fraksi Patriot Karya Bangsa (PKB) Pembaharuan juga menyarankan, agar pemerintah selalu menyiapkan dana sharing  10% dari APBD Natuna untuk pengambilan Dana Alokasi Khusus (DAK) bantuan pusat untuk Kabupaten Natuna di masing-masing Dinas,  dan bukan selalu mengembalikan dana yang telah diberikan. Kalau pemerintah daerah tidak menyediakan dana sharing tersebut dikuatirkan, Kabupaten Natuna terancam tidak dikucurkan lagi dana bantuan DAK pada tahun-tahun yang akan datang.”TegasHazimah.

Sekitarpukul  11.00 Wib setelah penyampaian pendapat pandangan akhir fraksi-fraksi dan semuanya setuju perubahan RAPBD  menjadi Perda APBD Kabupaten Natuna tahun 2013.

Sebelumrapatditutup. Hadi Candra secara langsung menegaskan kepada Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) yang hadir pada rapat tersebut.”Agar segera melakukan pelelangan terhadap proyek-proyek yang belum dilelang, janganterjadi silpa anggaran di akhir tahun.”Tegas Hadi Candra di saksikan Bupati Natuna Drs H Ilyas Sabli Msi (herman)

Ditulis Oleh Pada Sen 25 Nov 2013. Kategory Natuna, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

Komentar Anda

Radar Kepri Indek