'
| | 837 kali dibaca

Aneka Ragam Makanan Khas Daerah Harus Dilestarikan

Ketua Tim Pengerak Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Lingga, Hj Rosemawatie Daria

Sambutan Ketua Tim Pengerak Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Lingga, Hj Rosemawatie Daria .

Lingga, Radar Kepri-Ketua Tim Pengerak Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Lingga, Hj Rosemawatie Daria menegaskan, ke anekaragaman makanan khas asal daerah ini harus terus dilestarikan. Salah satu upaya untuk itu, adalah melalui perlombaan cipta menu. Kegiatan itu bertujuan untuk melestarikan makanan tradisional yang bahan bakunya berasal dari daerah sendiri.
“Lomba cipta menu sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan. Guna meningkatkan kualitas hidup, mendorong dan meningkatkan kreatifitas masyarakat, khususnya ibu rumah tangga,” ujar  Hj Rosemawatie, Dalam sambutannya pada pembukaan lomba cipta Menu Kamis (23/05).
Menurutnya, kreativitas yang dimaksud adalah dalam memilih, menentukan, menyusun dan menciptakan menu yang beragam bergizi, seimbang dan aman yang berbasis sumber daya pangan lokal.
Hal ini juga untuk membangun budaya keluarga agar mengonsumsi aneka menu makanan. Untuk memenuhi gizi sehari-hari dengan memanfaatkan potensi pangan yang ada disekitar rumah atau pekarangan.“Dengan mengangkat bahan lokal diharapkan dapat mencintai pangan lokal yang mudah didapat,” sebutnya.
Sementara itu, Bupati Lingga H Daria, minta juri yang menjadi penentu pemenang dapat melakukan tugasnya dengan profesional. Para pemenang dalam kegiatan ini, akan menjadi wakil Lingga di event yang sama pada tingkat provinsi.“Saya yakin perwakilan dari Lingga yang terpilih dapat membawa nama daerah, “ucapnya.
Daria juga berharap, ke depannya kegiatan ini dapat diperluas. Saat ini, kegiatan masih sebatas utusan tingkat kecamatan. Seluruh masyarakat Lingga diharapkan dapat berpartisipasi menciptakan kreasi menu yang variatif.“Mungkin masih ada masyarakat yang belum dapat kesempatan. Mudah-mudahan ke depan seluruh masyarakat mendapat kesempatan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang, Ketahanan Pangan, Dinas Pertanian dan Kehutanan, Pemkab Lingga, Jongkas T, mengatakan 10 kelompok peserta yang mewakili lima kecamatan di Kabupaten Lingga, beradu menu lokal dalam kegiatan ini.Setiap kecamatan mengirim dua kelompok untuk mengikuti kegiatan.“Lomba cipta menu ini jadi motivasi bagi keluarga untuk memanfaatkan potensi yang dimiliki meningkatkan kesejahteraan,” imbuhnya (tmb)

Ditulis Oleh Pada Sel 28 Mei 2013. Kategory Lingga, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

Komentar Anda

Radar Kepri Indek