'
| | 1.060 kali dibaca

Ada SDN Mirip Sarang Kelelawar di Desa Secawar

SDN 029 di Secawar. Kecamatan Senayang, kabupaten Lingga.

Inilah SDN 029 di Secawar. Kecamatan Senayang, kabupaten Lingga yang mirip sarang kelelawar.

 

Lingga, Radar Kepri-Jika di Dusun II Sambau, Desa Limbung, kecamatan Lingga Utara, Kabupaten Lingga, provinsi Kepri terdapat ruang Sekolah Dasar (SD) mirip kandang kerbau. Maka di Desa Secawar, Kecamatan Senayang, masih di Kabupaten Lingga terdapat dua ruang SD mirip sarang kelelawar.

Penelusuran Radar Kepri dilapangan, Minggu (10/11) kondisi SD tersebut telah menyandang status negeri sejak tahun 1998 lalu dengan nama SD 029 Senayang sangat memprihatinkan. Sebab, sejak Lingga berdiri menjadi kabupaten Lingga tahun 2003 lalu. SDN 029 ini hanya sekali “kecipratan” APBD Lingga. Pada tahun 2005 Pemkab Lingga membangun 1 unit lokal melalui dana Program Pengembangan Kecamatan (PPK).

Saat ini terdapat dua lokal yang “layak” belajar, namun satu uni ruang belajar, dananya berasal dari swadaya masyarakat Desa Secawar yang prihatin dengan kondisi bangunan tempat generasi penerus bangsa itu menimba ilmu.

Besarnya porsi anggaran untuk dinas pendidikan yang mencapai 20 persen dari APBD Lingga setiap tahunnya, ternyata belum menyentuh dua SDN tersebut. Akibatnya, hingga hari ini, para murid terpaksa belajar dengan system misbar (gerimis bubar).”Dari pada anak-anak sakit jika terkena hujan, terpaksa kami bubarkan proses belajar mengajarnya dulu.”sebut seorang guru SDN 029 Secawar yang meminta namanya tidak ditulis.

Pihak sekolah, menurut informasi yang dihimpun Radar Kepri telah berulangkali mengajukan pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB). Namun sampai hari ini, usulan dan permintaan tersebut tenggelam di laut Lingga, sehingga tak pernah dikabulkan Pemkab dan DPRD Lingga.(red/min)

Ditulis Oleh Pada Sen 11 Nov 2013. Kategory Lingga, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

Komentar Anda

Radar Kepri Indek