'
| | 1.226 kali dibaca

Hari Ini, Pemkab dan BKD Lingga Gelar Simulasi Tes CPNS

Bupati Lingga Daria dan Wakil Bupati Lingga Abu Hasim tinjau Kesiapan BKD lingga untuk P

Bupati Lingga, Drs H Daria dan Wakil Bupati Lingga, Abu Hasim meninjau Kesiapan BKD lingga untuk tes CPNS.

Lingga, Radar Kepri-Bupati Lingga, Drs H Daria dan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lingga meninjau tempat yang akan digunakan sebagi tempat pendaftaran CPNS di Singkep. Peninjauan dilakukan guna memastikan kesiapan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Lingga dalam melakukan seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Bupati Kabupaten Lingga, Drs H Daria setelah melakukan pemantauan langsung lokasi yang akan digunakan para pendaftar CPNS untuk melakukan ujian dengan sistem CAT (Computer Asisted Tes), di kantor Telkom Setajam Dabo Singkep pada hari Minggu dan Selasa (16/09) lalu.
Bupati Lingga H Daria mengatakan, pengecekan langsung lokasi tempat pelaksanaan ujian CPNS dengan sistim CAT tersebut dilaksanakannya pada hari Minggu (14/09). Usai menjadi Inspektur Upacara pada peringatan HUT Pramuka Ke – 53. Dalam kesempatan tersebut Bupati Lingga juga mengajak Wakil Bupati Lingga Abu Hasim, Kepala BKD Kabupaten Lingga Syamsudi, Anggota DPRD Lingga, dan Beberapa Kepala SKPD dan lembaga vertikal lainnya.
Bupati lingga H Daria mengatakan dengan sistem CAT ini diharapkan akan lebih kredibel jika dibandingkan dengan tes yang menggunakan lembar jawaban komputer (LJK). Hal itu karena, sistem CAT ini mewajibkan peserta CPNS mengisi jawaban secara langsung di komputer. Bahkan, hasil jawaban peserta secara otomatis akan keluar di layar komputer saat itu juga.”Dengan sistim ini, pemerintah menginginkan agar pelaksanaan tes CPNS ini benar-benar dapat dipertanggung jawabkan, sehingga tidak ada kecurangan dalam penerimaan CPNS ini.”kata Daria.
Bupati Lingga mengharapkan kepada para peserta khususnya putra daerah agar dapat mempersiapkan diri, dengan menggali Informasi tentang penggunaan sistim CAT ini, sehingga dalam pelaksanaan ujian nanti tidak lagi canggung menggunakan sistim computer asisted tes ini.
Sementara itu Kepala BKD Kabupaten Lingga Syamsudi mengatakan, aplikasi CAT ini empat hari sebelum pelaksanaan harus diamankan di BKN Provinsi, hal ini bertujuan untuk memastikan jika server aplikasi tersebut benar-benar bersih dan tidak dimanipulasi. Jumlah soal  yang akan di uji ada seratus item dan harus selesai dalam waktu 90 menit.”Materi tes-nya adalah kompetensi dasar yang meliputi wawasan kebangsaan dengan batas minimal (passing grade) 70, tes intelejensi umum 75, dan tes karakteristik pribadi minimal 105. Hasilnya, langsung di-print out rangkap empat yang akan diarsip BKD, Panselnas, BKN, dan untuk ditempel di tempat umum.”kata Syamsudi.
Untuk penerimaan CPNS tersebut masih menunggu informasi dari Provinsi Kepri, namun untuk simulasinya akan dilaksanakan pada hari ini, Sabtu, 20 September 2014, di tempat yang telah disediakan oleh Panitia di Jl. Telkom Setajam, bekerjasama dengan PT Telkom Cabang Dabo Singkep menggunakan jaringan Internet Speedy.”Kita sangat mengharapkan bagi putra putri daerah ini supaya mengikuti dengan sungguh sungguh, untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.”harapnya.(muslim tambunan)

Ditulis Oleh Pada Sab 20 Sep 2014. Kategory Lingga, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

Komentar Anda

Radar Kepri Indek